yamaha

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Special Livery John McGuinness 100th TT Start Replica, Terbatas Hanya 30 Unit

yamaha

Motomaxone.com – Sahabat biker sekalian, Honda Fireblade merupakan motor supersport legendaris milik pabrikan jepang Honda. Demikian juga dengan John McGuinness yang juga merupakan pembalap legendaris terkhusus di arena balap jalan raya Isle of Man TT.

Nah kedua hal legendaris ini saling berkolaborasi menghasilkan karya yang cukup limited. Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Special Livery John McGuinness 100th TT Start Replica. Hasil kerjasama antara si pembalap dengan Honda UK. Dan hanya diproduksi sebanyak 30 unit replika John McGuinness 100th Start saja dengan unit motornya CBR1000RR-R Fireblade SP.

CBR1000RR-R Fireblade SP versi 2022. Motor ini mengusung teknologi yang diterapkan pada kendaraan balap honda di ajang MotoGP. Motor ini juga tampil sebagai kontestan di ajang balap Superbike WSBK. Mengusung mesin 1000cc 4 silinder. Dengan sistem aerodinamika mencontoh RC213V MotoGP.

Suspensi NPX 43 mm Ohlins Smart Electronic Control (SE-C) dengan didukung suspensi belakang TT-36 dengan sistem pengereman yang disupport penuh merk ternama Brembo.

Terbatas hanya 30 unit tentu memiliki pembeda dengan unit reguler. Display animasi panel meter Ring of Fire akan tampil saat motor pertama kali dinyalakan. Nomor seri yang diukir khusus dengan laser, logo anniversary 30 di smartkey dan terukir dengan laser di knalpot besutan Akrapovic.

John McGuinness sendiri adalah pembalap TT tersukses kedua sepanjang masa, setelah mendiang Joey Dunlop yang dianggap media barat terhebat. Dianggap sebagai spesialis jalanan sejati, yang terbaik dari Morecambe juga merupakan pembalap sirkuit pendek yang sangat berpengalaman yang pernah mengikuti balapan World Endurance 24 jam seperti Bol d’Or dan Le Mans, GP 500cc, dan Daytona 200. Dia adalah mantan Juara 250cc Inggris, tampil di World Supersport dan finis ketiga di British Superstock Championship 2009.

McGuiness telah meraih kemenangan di semua acara balap jalanan Internasional, tetapi ketrampilan berkendaranya atas balapan di jalan umum sepanjang 37,73 mil yang terkenal di Isle of Man itulah yang sebagian besar menentukan kariernya dan mengukuhkan status legendarisnya sebagai salah satu raksasa sejati balap jalanan murni. .

Membuat debut TT pada tahun 1996, ia memenangkan gelar pendatang baru terbaik di kelas 250cc. Tiga tahun kemudian, ia meraih kemenangan pertamanya, 250cc Lightweight TT. Selama dua dekade berikutnya (1999-2019) dia mengumpulkan 47 podium yang luar biasa dimana 23 di antaranya adalah kemenangan TT. Pengalaman dan pengetahuan kursusnya tidak ada duanya dan dia juga orang pertama yang menembus penghalang 130mph, yang dia capai dalam tahun seratus tahun 2007 yang tak terlupakan, pada Honda CBR1000RR Fireblade yang disponsori Pabrik HM.

Penulis pribadi cukup tertarik dengan livery yang diusung tersebut. Berciri khas dan eksotik ketimbang livery umum semacam Repsol Honda dan tricolor HRC. So, bagi pemilik motor sport Honda semacam CBR series, bisa dicoba nih untuk tampil berbeda. (~fn)

Kolom Komentar