yamaha

Ferrari Purosangue V12 6500 cc, SUV Crossover 4 Pintu Pertama Buatan Pabrik Kuda Jingkrak

yamaha

Motomaxone.com – Ferrari, menyebut namanya tentu insan otomotif sudah sangat mengenalnya. Pabrikan mobil sport asal Italia. Akhirnya merilis mobil barunya. Ferrari Purosangue, mobil yang ditenagai mesin dengan konfigurasi V12.

Dari kasat mata awam orang indonesia, mobil baru Ferrari ini mengusung model SUV (Sport Utlility Vehicle). Tapi Ferrari menolak istilah SUV itu. Mobil baru mereka bukan SUV. Tapi mobil sport pertama yang mengusung empat pintu dan empat tempat duduk yang dibuat Ferrari.

Mobil empat  pintu pertama dalam sejarah Ferrari. Yang mendobrak tradisi dua pintu. Tentu dengan tujuan lebih luas. Sebuah strategi penting bagi perusahaan untuk memperluas market pabrikan sendiri.

Nama mobil ini pun khas italia sekali. Ferrari Purosangue, secara tekstual dari bahasa italia bisa diartinya ke bahasa kita sebagai ras asli. Tetap bergengsi dengan DNA Ferrari, masih menjadikan kesenangan berkendara dan performa sebagai prioritasnya namun ditambah lagi mengakomodir kenyamanan hidup dengan hadirnya dua tempat duduk ekstra dibaris kedua.

Dimensinya cukup kompak. Gaya bodinya SUV Crossover dengan tinggi 1,589 meter saja. Ground clearance rendah 183 mm dan memiliki panjang 4,973 meter.

Mesin V12 Ferrari Purosangue berkapasitas 6.500 cc. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 715 horsepower dengan torsi 716 newton meter. Sistem penggerak rodanya menggunakan model AWD (all-whell drive) dengan transmisi kopling ganda dipadu 8-speed.

Fitur menarik mobil SUV Ferrari ini adalah dihadirkannya hill-descent control. Fitur yang familiar pada mobil berjenis SUV untuk mendapatkan kapasitas Off Road meskipun tetap terbatas karena ground clearance nya yang cukup rendah. Fitur HDC ini juga meningkatkan keamanan dengan maksimal saat melewati lintasan downhill. Tentu masih banyak fitur lainnya seperti sunroof dsb.

Ferrari meniagakan mobil model ini dengan banderol harga yang bila dikonversikan langsung ke rupiah mencapai 5,9 milliar. Namun tak menutup kemungkinan karena beban pajak, bila masuk ke Indonesia, Ferrari Purosangue ini bisa dihargai 3x lipat lebih mahal dari banderol dasar yang ada. (~FN)

Sound Test Ferrari Purosangue :

Kolom Komentar