Kenalan Dengan Desain Tangki BBM Dek Rata Yamaha FREEGO 125, Cukup Aman Kok !!

Motomaxone.com – Yamaha Freego 125 menjadi perbincangan serius terkait posisi tangki bahan bakar yang terletak dibawah dek pijakan kaki. Masih ingat kegagalan Kawasaki memasarkan motor bebek ZX-130 yang memiliki desain tangki bahan bakar didepan, salah satunya adalah opini masyarakat tentang ketidakamanan motor tersebut saat sewaktu-waktu terjadi tabrakan. Penulis akan membahasnya kali ini…

Berbekal sumber informasi dari tmcblog, akhirnya penulis menemukan alasan yamaha yang keukeuh menempatkan posisi bahan bakar ditempat berbeda jauh dari tempat bahan bakar motor matik murah di indonesia pada umumnya.

Jika ditempatkan dibawah jok, itu sudah sangat umum dan sudah sangat banyak digunakan oleh motor bebek dan matik di jaman karburator, karena memang cara kerja aliran bensin pada sistem karburator menggunakan gravitasi dimana tangki bahan bakar wajib ditempatkan lebih tinggi ketimbang karburatornya sendiri.

Dalam kasus ini penulis memberikan pengecualian pada motor matik kymco yang sudah pernah mengadopsi tangki bahan bakar dibagian bawah dan lebih rendah dari karburatornya sendiri. Jadi ada mekanisme sejenis fuel pump pada motor injeksi namun lebih ribet. Sedikit saja tekor pada accu, bakalan susah untuk menghidupkan motor karena bensin susah untuk naik.

Sedangkan dengan berkembangnya sistem injeksi, maka saat ini pabrikan lebih leluasa menuangkan ide untuk menempatkan posisi tangki bahan bakar pada posisi yang tepat seperti yang dilakukan yamaha pada yamaha Freego 125 ini dimana tangki bahan bakarnya terletak dibawah kaki alias dibawah dek ratanya.

Ada slentingan opini, dimana menyebut desain tangki Freego 125 yang berada dibawah ini riskan saat terjadi benturan. Maklum, konsumen indonesia ini terkenal unik… maunya macem-macem. Motor matik pun dimintanya fungsional dalam berbagai medan, kalau bisa mengakomodir fungsi motor trail sekalian yang cocok melibas jalanan off road. Itu maunya…

Untuk mengakomodir idenya, Yamaha ternyata nggak sembarangan dengan penempatan bahan bakar Freego 125 yang diletakkan dibawah kaki ini. Pelindung plat baja terlihat benar adanya dari sumber foto yang penulis dapatkan. Platnya memang terlihat tebal dan didesain lubang-lubang, bisa jadi untuk mengantisipasi air ngendon diplat tersebut. pelindung lainnya tak kalah mengesankan, rangka dengan jenis pipa silinder dengan diameter gede juga dijadikan pelindung tangki dibagian depan.

Dari bawah, tangki bahan bakar terasa aman dengan keberadaan plat baja tersebut. Tapi resiko pun tetap ada meskipun sudah didesain cukup aman dengan perlindungan plat dibawah dan cover plastik disamping dan atasnya. Resiko ini sama halnya dengan posisi tangki bahan bakar dibawah tempat duduk, jadinya penulis rasa calon konsumen tak perlu khawatir akan hal itu.

Keuntungan lain dari penempatan tangki bahan bakar dan penambahan plat baja sebagai pelindung adalah titik pusat berat dalam kondisi normal motor tanpa beban lain kecuali pengendara, tertumpu dibagian tengah bawah sedikit kedepan sehingga dari pengataman penulis, hal ini akan mempengaruhi handlingnya yang semakin nyaman digunakan.  Meskipun demikian, jangan lantas mencoba-cobanya mengetes benturan pada bagian tangki bahan bakar tersebut karena desain apapun dengan sistem keamanan apapun memiliki resiko tak terduga.

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan