Cara Mudah Hindari Motor Alami Overheat, Rawat Bagian Penting Ini !!

Motomaxone.com – Overheat menjadi momok menakutkan bagi pengguna kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor sama saja. Gejala ini timbul karena terjadi panas yang berlebihan pada mesin sehingga menyebabkan beberapa dampak merugikan bagi pengguna kendaraan bermotor tersebut.

Adakah pembaca sekalian yang pernah mengalami mesin motor overheat ? admin sendiri sih pernah. Salah satu ciri-ciri motor mengalami overheat adalah tenaga ngempos. Mesin masih menyala, namun saat di gas torsi motor nggak ada, alhasil tarikan motor loyo. Begitu pula saat dipluntir gas lebih dalam, tenaga nggak malah keluar, malah semakin ngempos kehilangan tenaga.

Saat perjalanan mengalami kejadian seperti ini, nggak ada cara lain selain beristirahat sejenak sampai suhu mesin motor turun. Tentu saja hal ini akan mengganggu aktifitas berkendara kita. Nah kapan sering kali terjadi overheat ? Ternyata malasnya pengendara mengecek kapasitas oli mesin pada motor atau mobil bisa menjadi penyebab terjadinya overheat.

Kondisi diatas untuk kendaraan yang belum dibekali dengan pendinginan cairan (radiator). Sedangkan jika sudah dibekali radiator, maka kondisi overheat bisa jadi karena cairan / coolant dalam kondisi yang kurang. Penyebabnya ya macam-macam, bisa karena radiator bocor, selang radiator bocor, termostat macet, thermo sensor error dan sebagainya.

Jadi harus selalu dicek saat akan melakukan perjalanan jauh maupun dekat sekalipun. Dan yang paling mudah adalah melakukan servis berkala tepat pada waktunya sehingga kerusakan suku cadang bisa dideteksi lebih dini.

Kekurangan oli mesin pun juga memiliki dampak fatal jika tidak diketahui lebih awal. Asal tahu saja, jeroan mesin digerakkan dengan sistem mekanik, seperti piston dan sebagainya. Terjadinya gesekan antara piston dan dinding silinder blok harus diminimalisir dengan sistem pelumasan yang baik, jika tidak akan bermasalah. Piston gosong, klep bengkok hingga setang piston bengkok pun bisa terjadi. So rawatlah dengan baik kendaraan anda, biar nggak menyusahkan dikemudian hari. (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...