BMW M1000RR, Seri M Pertama Motor Produksi BMW

Motomaxone.com – BMW punya motor baru. Sepertinya ini adalah versi tertinggi BMW dikelas motor sport fairing. BMW M1000RR. Motor pertama BMM berlabel merk M. Produk terbaru dari BMW Motorrad dikelas varian Superbike.

Berbeda dengan S1000RR. Ini adalah BMW M1000RR. Yang mana penulis sinyalir, motor ini tak ubahnya seperti CBR10000RR-R. Motor produksi massal yang memang dibuat khusus untuk pengembangan olah raga balap Superbike.

Melihatnya sekilas, kita disuguhkan dengan hadirnya winglet semacam sayap yang menonjol disamping depan kanan dan kiri cover bodi motor fairing dengan bahan material serat karbon.

Semenjak MotoGP menerapkan teknologi winglet di motor peserta. Kini motor produksi massal pabrikan yang diproyeksikan terjun ke ajang balap Superbike juga dibekali dengan Winglet itu. Tentunya tak sembarang winglet karena pastinya sudah melalui riset yang panjang.

Winglet sebagai part yang populer saat ini di motor-motor superbike ternyata memiliki fungsi signifikan untuk menyediakan gaya turun (downforce) sebesar 36 lbs atau sekitar 16,2 kg dikecepatan 187 km/jam pada BMW M1000RR ini.

Dibekali dengan mesin 999cc. M1000RR ini dilengkapi dengan Mahle two-ring Piston dan connecting rods berbahan titanium. Redline RPM yang ditoleransi mesin disetting diangka 15.100 RPM. Sedangkan power maksimum mencapai 209 HP, dicapai di putaran mesin 14.500 rpm.

Rasio kompresinya 13,5:1 dari sebelumnya digenerasi S1000RR sebesar 13,3:1. Semua pompa udara dikabarkan telah didesain ulang. Begitu juga dengan sistem buang pada knalpot yang dibuat pula dengan titanium.

M1000RR ini dibekali dengan empat mode berkendara standar yaitu RAIN, ROAD, DYNAMIC dan RACE. Dan mode tambahan RACE PRO.

Motor ini juga dibekali dengan dua kurva throttle yang bisa disetting. Fungsinya untuk respon mesin, juga diberikan bekal tiga map untuk sistem pengereman. Khusus untuk mode RACE PRO.

Fitur Quickshifter UP/Down adalah fitur standar. Begitu juga fitur lainnya macam lauch control, pit lane limiter hingga hill start control yang memungkinkan kontrol motor secara stabil saat memulai berjalan di tanjakan.

Sistem pengereman yang banyak diisukan terburuk dikelasnya pada produk S1000RR telah diperbaiki pada versi M1000RR. BMW telah melakukan upgrade dalam hal ini. Meski terlihat disana sepertinya untuk pengereman dibuat sendiri oleh BMW dengan label kaliper tertulis M. Padahal secara minat pasar, konsumen lebih suka melihat pengereman mengusung merk ternama macam Brembo misalnya.

BMW juga memberikan sepasang roda dengan bahan serat karbon sebagai standarnya pada M1000RR. Berbeda dengan S1000RR yang diberikan roda serat karbon hanya sebagai pilihan. Dengan bahan ini, mampu mereduksi bobot motor menjadi 192 kg.

Sejatinya BMW M1000RR ini digunakan oleh BMW Motorsport sebagai special homologation. Dimana motor ini memang sebenarnya dibuat untuk pengembangan olahraga balap macam World Superbike, Isle of Man TT, seri professional lainnya bahkan balapan amatir sekalipun yang kini difasilitasi diatas tunggangan motor baru BMW M1000RR. (red)

Foto Lain BMW M1000RR :

Tags:BMW, m1000rr

Kolom Komentar