Bagnaia dan Ducati Resmi Menjadi Juara Dunia MotoGP 2023 Setelah Menangkan Seri GP Valencia

Motomaxone.com – Tak terasa MotoGP 2023 resmi berakhir. Seri penutup Grand Prix Valencia 2023 ini menetapkan Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo keluar sebagai juara seri Valencia dan juga keluar sebagai Juara Dunia MotoGP 2023.Balapan Motogp Valencia 2023 ini memang cukup dramatis. Banyak kejadian menarik hingga akhirnya Pecco Bagnaia dan Ducati dinobatkan sebagai World Champion MotoGP 2023.

Yang Utama, tentu adalah kegagalan Jorge Martin untuk menyelesaikan balapan di grand prix Valencia. Diketahui, Jorge Martin adalah pesaing utama Bagnaia untuk perebutan gelar juara dunia motogp tahun ini. Jorge sendiri memperkuat tim Prima Pramac Ducati. Di seri terakhir motogp kali ini tampak terlihat grogi. Beberapa kali pembalap ini membuat kesalahan. Sebelum mengalami tabrakan dengan Marc Marquez, Jorge Martin didapati juga sempat menabrak bagian buritan motor Bagnaia meski tidak sampai terjadi insiden terjatuh saat itu, hingga akhirnya dirinya bersinggungan dengan Marquez hingga membuat keduanya terjatuh. Kejadian ini tentu sangat merugikan bagi Jorge Martin mengingat sebelumnya dia sudah berusaha maksimal dari awal kali start di P6 hingga berada di P2 dibelakang Bagnaia.

Dilain sisi, Bagnaia beruntung bisa mempertahankan diri di barisan depan hingga menjadi juara. Keberhasilan ini juga menjadikannya mampu mempertahankan gelar juara dunia motogp selama dua tahun berturut-turut yaitu 2022 dan 2023. Marco Bezzecchi yang digadang tampil mengesankan juga mengalami kerugian. Bez hanya sampai lap pertama saja karena terjatuh di sektor 2. Pembalap tim VR46 ini juga tak mampu menyelesaikan balapan karena nampak kesakitan akibat kejadian crash nya tersebut.

Jorge Martin yang saat itu di P2 hampir membuat Bagnaia apes saat menyeruduk bagian belakang motor Ducatinya. Beruntungnya Jorge Martin tidak terjatuh, juga Bagnaia yang masih mampu menjaga keseimbangan motornya. Akibat kejadian ini Jorge Martin melorot ke P8. Memasuki lap ke-6, Jorge Martin makin apes lagi. Berniat menyalip Marc Marquez dari sisi dalam tikungan, aksi Martin itu tampak tidak diantisipasi Marquez sehingga keduanya bersenggolan, bagian belakang motor Marquez tabrakan dengan roda depan Jorge Martin. Kejadian itu membuat Marquez terpelanting dan terhempas ketanah sedang Jorge Martin sendiri terjatuh sesaat setelah Marquez.

Brad Binder dan Jack Miller sempat menghambat Bagnaia untuk berada di posisi terdepan, hal ini membuat Bagnaia turun ke P3. Binder melakukan kesalahan karena cara menyalipnya yang berbahaya kepada Alex Marquez sehingga Binder mendapatkan hukuman turun satu tingkat. Sementara itu Jack Miller yang sempat memimpin balapan juga akhirnya melakukan kesalahan. Nampak terlihat oli berceceran dari motor Jack Miller akibat terjatuh.

Kejutan di akhir balapan adalah Fabio Di Giannantonio yang mampu mengamankan P2 yang meraih runner up setelah melengserkan Johann Zarco ke posisi ketiga. Bagnaia yang keluar sebagai juara seri dan juara dunia motogp 2023 tampak  tak terlalu dominan. Dari catatan waktunya nampak Bagnaia menyelesaikan balapan dengan waktu 40 menit 58,535 detik. Hanya terpaut 0,1 detik saja dengan Di Gia yang merebut posisi runner up. Alhasil kemenangan Bagnaia ini tentu tak lepas dari keberuntungan karena banyak pesaing kuatnya yang tumbang. (FN)

About MOTOMAXONE.COM 4649 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

Be the first to comment

Kolom Komentar