yamaha

All New Vario 160 Resmi Meluncur di Negeri Jiran, Varian Biru Cukup Menarik !!

yamaha

Motomaxone.com – Sahabat biker sekalian, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah Ta’ala. Salah satu kabar menarik kali ini datang dari negeri jiran Malaysia. Tak hanya di Indonesia, disana juga hadir motor Honda Vario 160 lho.

Vario 160 ini dirilis November 2022 lalu. Lebih telat dibandingkan Indonesia, Thailand dan Filipina. Meskipun nampak terlihat sama, akan tetapi memiliki perbedaan dibandingkan Vario 160 versi Indonesia.

Sistem rangka terbaru berjenis eSAF sudah disematkan untuk skuter matic yang diproyeksikan menyuntik mati Aerox 155 itu. Mesinnya juga sudah sama seperti PCX 160 dan ADV 160. Mengusung mesin SOHC 4 katup, berkapasitas 156,9 cc, dengan teknologi injeksi PGM-FI.

Dengan kapasitas yang ditingkatkan itu (dari sebelumnya 150 cc) performa nya meningkat meski tidak cukup drastis. Power dari sebelumya 13,1 PS menjadi 15,3 PS di  8500 RPM. Sedangkan torsinya tak meningkat banyak, dari 13,4 menjadi 13,8 Nm di putaran mesin 5000 RPM.

Vario 160 juga menjadi yang pertama dalam jajaran motor matic vario series yang dibekali cakram belakang. Sistem ABS nya hanya single channel saja dibagian depan. Sedangkan ignition system nya sudah menggunakan model smartkey dan alarm yang menjadi satu paket dalam sebuah remote.

Ukuran ban juga semakin gambot. Sudah mirip motor motor sport Honda 150 cc seperti CB150R atau CBR150R. Ban depan mengusung ukuran 100/80 dan belakang 120/70 dengan ring velg 14 inchi. Sistem penerangan sudah menggunakan LED begitu juga panel meternya yang sudah tampil dengan model digital.

Untuk mengakomodir kebutuhan pengisian daya smartphone saat perjalanan, juga sudah disediakan USB tipe A. Semua fitur ini sudah didapatkan Vario 160 versi Malaysia. Tak berbeda pula dengan yang ada di Indonesia.

Namun ada beberapa hal yang menunjukkan pembeda pada pangsa pasar Malaysia. Apa itu ?

Di Malaysia, Vario 160 ini hanya dijual versi ABS saja. Sudah cukup jelas dan terjamin dalam segi fitur keselamatan berkendaranya. Sedangkan tipe CBS tidak ada disana, mungkin dianggap bahwa sistem CBS tidak lebih aman untuk keselamatan berkendara dibandingkan sistem ABS yang memiliki fungsi mencegah roda mengunci kala melakukan pengereman mendadak.

Selain dijual hanya versi ABS saja, di Malaysia juga ditambahkan reflektor di spakbor belakang bagian samping untuk meningkatkan visibilitas pengendara di malam hari kala terlihat dari sisi samping. Tentunya hal ini untuk mengikuti regulasi di Malaysia sendiri.

Beberapa warnanya cukup menarik. Ada merah, abu-abu kuning dan biru. Nah, varian warna biru ini cukup membuat menarik dikarenakan, warna ini cukup jarang disematkan pada produk-produk motor Honda besutan AHM di Indonesia. (~fn)

Kolom Komentar