yamaha

AHM Luncurkan Honda CBR250RR Facelift 2022, Apa Yang Baru ?

yamaha

Motomaxone.com – Undangan daring itu merupakan peluncuran resmi sebuah motor baru dari Astra Honda Motor (AHM). Tak cukup surprise karena ternyata Honda CBR250RR dengan penampilan Facelift 2022.

AHM memang cukup pintar menyuguhkan produk yang membuat konsumennya ngiler. Baru saja punya ini, mereka ‘AHM’ sudah mengeluarkan model baru yang itu. Yang pada akhirnya konsumen yang cukup konsumtif pun terpikat daya tarik produk baru AHM tersebut.

Meskipun demikian, tampilan facelift ini memang sangat penting untuk CBR250RR. Sebuah penampilan baru yang memang ditunggu-tunggu. Setelah 6 tahun lamanya sejak diluncurkan pertama kali. Setidaknya bagi pengguna setia disegmen motor sport 250cc.

Dengan model facelift 2022 kali ini tentu cukup signifikan perubahannya meskipun tidak secara total. Karena memang model dasar dari Honda CBR250RR ini memang sudah cukup sporty dan bergaya modern.

Perubahan yang disuguhkan oleh AHM pada Honda CBR250RR Facelift 2022 ini antara lain,

  • Cover bodi fairing. Bodi nya dipermak. Bagian depan dan belakang berbeda dengan model sebelumnya. Bagian samping dibuat sedikit lebih lebar sesuai tren saat ini yang mana konsumen cukup suka dengan bodi motor yang nampak bulky. Bodi fairing bagian samping menggunakan model dual layer, berlapis atau bertumpuk seperti model inner winglet (sayap dalam) Honda CBR1000RR-R. Tapi tetap dengan desainnya yang sporty. Nampak lebih agresif ketimbang model sebelumnya.

  • Suspensi depan. Masih konsisten mempertahankan model suspensi upside down. Tapi dengan tiper berbeda yang mengusung label SFF-BP (Separated Function Fork Big Piston). Model suspensi yang sama seperti yang digunakan oleh All New CBR150R, All New CB 150R Streetfire hingga Ninja ZX-25R. Dengan piston besar didalam suspensi, diklaim daya ayunnya lebih responsif.

  • Lampu Hazard. AHM cukup pede dengan sebuah fitur lampu hazard otomatis yang dinamakan Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini juga dimiliki oleh Honda CBR 1000 RR-R dan diaplikasikan pada All New CBR 150R. Namun ternyata fitur ESS ini tak cukup menarik untuk disematkan pada CBR250RR facelift 2022 melainkan lebih memilih menghadirkan fitur lampu hazzard. Fitur ini tersedia untuk varian tertentu yaitu SP dan SP Quick Shifter.

  • Masih dengan banyak varian. Yaitu varian standar, SP dan SP Quick Shifter.

  • Honda CBR250RR Facelift 2022 ini dibekali dengan mesin yang sama dengan pendahulunya. 250 cc 2 silinder segaris DOHC 8 katup. Power maksimal yang dihasilkan mencapai 42 PS (31 kW) diputaran mesin 13.000 RPM dengan torsi maksimal 25 newton meter diputaran mesin 11.000 RPM. AHM mengklaim performanya lebih baik dari sebelumnya.

Overall bagi penulis, AHM cukup proporsional memberikan update pada motor ini meskipun tidak secara total. Namun dengan harga 62,8 juta s/d 79,2 jutaan, rasanya kurang layak bagi CBR250RR dibekali ban sejuta umat IRC Road Winner. Seharusnya dengan harga motor sedemikian, AHM turut bisa menggandeng Pirelli, Michelin atau Battlax sebagai penyedia ban OEM dari motor yang diniagakan dengan harga hampir mencapai 100 juta ini. (~FN)

Galeri Foto :

Kolom Komentar