Agenda Dibalik Bocoran Konsep Desain CBR 250RR…… Honda Super Serius Garap Segmen Sport 250cc 2 Silinder ??

CBR 250RR CONCEPT R

Beberapa hari belakangan ini, FN begitu dikejutkan dengan rendering konsep motor anyar yang diperlihatkan oleh media otomotif asal negeri sakura jepang. Biasanya sih ini hanya menjadi buah bibir bagi kebanyakan kalangan tanpa adanya realisasi yang pasti. Namun FN menangkap adanya keseriusan Honda dalam hal ini Honda global untuk mulai serius mengerjakan project yang sudah lama tak sekalipun dimenangkan oleh Honda. Apa itu?? Tepat sekali brosis….. Sport 250cc 2 Silinder.

Kedigdayaan Ninja 250FI membuat image nya semakin kuat, begitu pula dengan pemain baru dari Yamaha R25 yang menyodok papan atas kelas sport 250cc dengan segala kelebihan nya dalam hal performa.. salah satu yang menjadi pertimbangan Yamaha tentu saja menggarap segmen 250cc yang merupakan kelas entry level premium tak bisa setengah-setengah. Berbeda dengan kelas BIG Bike yang mana konsumen memilih apa yang mereka suka tanpa perlu susah mempromosikannya… namun segmen 250cc hampir mirip dengan motor sport 150cc secara persaingan pasarnya.

Performa, spesifikasi mesin, teknologi mesin yang diusung tetap menjadi faktor sensitif yang bisa mempengaruhi mainset calon konsumen untuk pindah hati dan memilih produk yang lebih nge-trend. Siapa yang tidak memberikan produk sesuai keinginan konsumen maka akan ditinggalkan. Perlu bukti? Jangan berfikir PT. AHM merupakan pabrikan yang superior secara penjualan ketimbang pabrikan motor lainnya broh…. untuk saat ini memang honda indonesia cukup menguasai pasar dengan unggul di segmen skuter matik, berikut juga cub, belum lagi bidikan selanjutnya sport 150cc yang mulai diatas angin dengan produk All New CB150R yang bikin banyak orang kepincut.

Namun disisi lain masih ada segmen yang bahkan tertinggal untuk ATPM besar sekelas honda indonesia… yaitu segmen matic premium dan sport 250cc. Khusus untuk matic premium, AHM tinggal perlu melokalkan PCX 150 untuk bisa kompetitif bersaing seimbang dengan NMAX yang saat ini menguasai pasar matic premium, mengingat secara desain PCX 150 sudah cukup mumpuni menggeser lawannya. Berbeda dengan sport 250cc yang bahkan tidak dianggap keberadaannya oleh konsumen sport 250cc indonesia.

Diawal peluncurannya CBR 250R mengusung konsep mesin 1 silinder, padahal Ninja 250R saat itu sudah mengadopsi teknologi 2 silinder. Finally secara image CBR 250R gagal total merebut hati konsumen. Apakah karena performa? Bisa YA dan TIDAK. Dikatakan YA karena secara mesin standar mainset ataupun riset dari media banyak yang lebih mengunggulkan motor 250cc 2 silinder dibandingkan CBR 250R yang hanya menganut paham 1 silinder. Dikatakan TIDAK, karena pada kenyataannya dalam kompetisi balap nasional pun dengan kondisi sama-sama di tune-up, CBR 250R beberapa kali mampu mengalahkan tim-tim yang menggunakan Ninja 250. Hal ini sama kasusnya dengan SOHC Yamaha melawan produk-produk yang sudah mengadopsi teknologi DOHC. So….. bagaimana nih kelanjutannya? Produk pun berlanjut pada CBR 250R Dual Keen Eyes. Bahkan versi ini tidak lebih laku dari generasi awal CBR 250R diluncurkan.

Saatnya segmen 250cc Honda Global berbenah. Sepinya peminat CBR 250R saat ini tak hanya dialami indonesia, namun di semua negara brosis. Konsumen di amrik saja lebih condong Ninja 300 FI yang kemudian saat ini mulai greget pindah ke R3.

Teaser dari motor konsep Honda Global Jepang yang disinyalir CBR 250RR bisa jadi akan menjadi titik balik kebangkitan segmen 250cc ataupun 300cc Honda secara keseluruhan. Jika memang desain yang diusung adalah sesuai konsep diatas berikut slentingan 250RR akan mengusung 2 silinder…. maka sekali lagi Honda membuktikan all out memberikan tantangan sepadan pada para kompetitornya yang selama ini tidak merasakan penetrasi produknya di kelas sport 250cc ataupun 300cc. Jika demikian adanya persaingan sport 250cc pun akan semakin sehat nih. Tunggu saja tanggal mainnya… sebagai konsumen kita kan bakal lebih banyak pilihan. (~FN)

==============

Contact Person :
Invite BBM : 794C91C4
FB : http://www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
Email : fncounter.blog@gmail.com

_________________

Related Post :

Advertisements
No Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan