yamaha

2022 Honda ADV 160, Berbekal Mesin eSP+ Hingga Bagasi Lebih Lega

yamaha

Motomaxone.com – Pembaca sobat biker sekalian. Rilis juga motor baru dari Astra Honda Motor (AHM). Skuter matic petualang New Honda ADV160. Skuter matic disegmen premium produk AHM yang sekarang mengusung mesin baru berbasis skuter matic 156,9 cc milik AHM.

Lebih dulu sudah hadir PCX 160 kemudian disusul Vario 160 dan kini Honda ADV160. Motor ini diklaim memiliki ground clearance yang dirasa tinggi namun dengan ketinggian jok tempat duduk yang lebih rendah dari sebelumnya.

Pada tampilan luar, cover bodinya nampak bulky. Serasa lebih tebal karena perubahan desain cover bodi yang lebih lebar dari model sebelumnya “ADV 150” seperti lekukan disamping depan area headlamp pada ADV150 sekarang dipermanis lebih smooth lekukannya. Demikian pula dengan cover bodi samping belakang yang kesannya lebih besar akibat perubahan komposisi pada layer cover bodinya.

Untuk sistem rangka, ADV160 kali ini berbeda dengan ADV150 (underbone). Tidak mengadopsi teknologi rangka eSAF dan mengusung model rangka doble cradle tubular.

Honda ADV160 mengusung platform mesin 156,9 cc dengan 4 katup SOHC eSP+. Performanya diklaim lebih responsif dari perdahulunya. Tetap dengan sistem pengabut injeksi PGM-FI motor skuter matic honda ini sekarang mendapatkan power yang sedikit lebih besar 15,8 HP diputaran mesin 8500 RPM dan torsi 14,7 Nm diputaran mesin 6500 RPM.

Unit headlamp nya sendiri tidak terlihat adanya perubahan desain dan tetap dengan teknologi LED. Panel meter digitalnya mendapatkan pembaharuan. Desainnya lebih baru dengan penambahan informasi tachometer atau RPM meter dan durasi trip meter.

Skuter matic ini tetap mengusung keyless alias tanpa kunci kontak fisik atau biasa disebut dengan Smartkey include sistem alarm. Pada konsol box terdapat USB charger, tinggal colok saja dengan kabel USB yang kamu miliki tanpa repot membeli USB charger terpisah, sedangkan daya maksimum charger nya sendiri adalah 2,1 ampere bertegangan 5 volt.

ADV 150

Sistem pengereman CBS dan ABS masih menjadi opsi pilihan. Namun untuk tipe pengereman ABS sudah dilengkapi dengan fitur anyar yaitu torsi kontrol (HSTC) Honda Selectable Torque Control seperti yang dimiliki PCX dan Forza.

Honda mengklaim konsumsi bahan bakar ADV160 ini mencapai 45 km/liter dengan metode WMTC-EURO 3 dimana fitur ISS nya dalam kondisi ON dan mencapai jarak tempuh 364 kilometer. Sedangkan kapasitas tangki bahan bakarnya diketahui 8,1 liter.

Untuk kapasitas bagasinya mampu diperluas karena perubahan desain bodi dan rangka baru. Mampu menampung 30 liter (sebelumnya 28 liter). Pijakan kaki nya pun ternyata dibuat sedikit lebih luas mirip PCX160.

Skuter matic adventure terbaru honda yang ditargetkan mampu laku sebanyak 60 ribu per tahun ini mengusung suspensi depan dan belakang yang sama dengan model ADV150, dengan penyematan pengereman dobel disk brake. Nah pada tertarik nggak nih ? boleh lah… asal jangan kredit ya untuk menghindari bahaya riba’.

Kolom Komentar