GEAR

5 Tips Membuat Motor Harianmu Tetap Awet

Motomaxone.com – Sobat biker sekalian, kebutuhan sepeda motor untuk masyarakat memang cukup besar hingga saat ini. Sepeda motor yang berfungsi sebagai kendaraan komuter, alat transportasi yang mudah digunakan dan fungsional menghindari kemacetan, tentu menjadi andalan sebagian besar masyarakat.

Jaman berubah, era motor karburator, kini digeser dengan motor yang menggunakan teknologi injeksi. Dengan sistem pengkabutan bahan bakar ini, motor jadi lebih efisien penggunaan bahan bakarnya. Tentu berbeda dengan era karburator dulu, yang cenderung lebih boros bahan bakar.

Motor injeksi yang dulu ditakutkan ribet dan sulit perawatan kini memiliki kondisi terbalik. Masyarakat tak lagi paranoid dengan motor injeksi. Namun meski demikian, tak lantas motor tidak perlu perawatan sama sekali.

Bagi kalian yang memiliki motor Honda, tentunya ada hal-hal yang penting untuk dipahami agar motor kalian tak rewel dijalanan saat digunakan. Berikut beberapa hal yang patut dipahami tersebut,

1. Beli Bensin Eceran Jangan Sembarangan

Membeli BBM Eceran tentu perlu mempertimbangkan kualitas bahan bakar tersebut. Apakah bersih dari campuran atau sebaliknya. Bensin eceran yang ditempatkan dibotol-botol misalnya, relatif aman karena nampak kasat mata kualitasnya. Namun bensin eceran dari sejenis pertamini misalnya, kita tidak tahu pasti kualitasnya. Alangkah baiknya, membeli bensin eceran cukup satu liter saja, untuk selanjutnya diisi penuh di SPBU terdekat yang pastinya secara kualitas bahan bakar lebih bersih dan terjamin.

2. Cek Oli Mesin

Oli mesin yang memiliki fungsi pelumas mesin memiliki peranan vital. Apalagi bagi anda yang menggunakan motor setiap hari dengan jarak tempuh panjang. Cek setiap pagi oli mesin motor anda untuk memastikan pasokan oli mesin tetap aman untuk kebutuhan mesin motor anda, jika berkurang sebelum masa penggantian oli, maka alangkah baiknya tambahkan oli mesin agar ketinggian oli mesin tetap maksimal

3. Cek Baterai

Baterai atau Accu memiliki fungsi sangat penting untuk motor injeksi. Mengingat segala kebutuhan kelistrikan pada ECU, panel meter digital, Pompa bahan bakar, dan banyak lainnya sangat tergantung pada pasokan kelistrikan yang cukup (memadai).

4. Cek Tekanan Ban

Mengabaikan tekanan ban, adalah kesalahan fatal pada banyak pengendara motor. Sehingga tau-tau kondisi ban sudah kempes. Tekanan angin pada ban harusnya memang rutin dilakukan pengecekan saat digunakan. Apalagi untuk perjalanan jauh. Tekanan angin ban kurang, maka konsekuensi yang akan ditimbulkan adalah tarikan motor jadi berat dan tentunya boros bahan bakar. Sedangkan jika tekanan terrlalu keras, maka kenyamanan pengendara akan berkurang, suspensi juga bekerja ekstra untuk meminimalisir tekanan dari bawah sehingga umur pakainya pun juga bisa berkurang dari semestinya.

5. Servis Rutin

Penting untuk dilakukan pada perawatan motor adalah servis rutin. Sesuaikan servis seperti jadwal berkalanya. Sehingga semua komponen motor dapat dimonitoring dan mampu bekerja optimal. Sebisa mungkin lakukan servis rutin di bengkel resmi Ahass namun jika jauh dari tempat anda, maka bengkel umum bisa jadi pilihan.

Nah sudahkah anda pemilik motor Honda melakukan 5 tips perawatan diatas ?

Kolom Komentar