yamaha

YIMM Siapkan Jagoan Baru di Bulan Desember, Yamaha R15 V4 !!

yamaha

Motomaxone.com – Sobat biker sekalian. Demand market motor sport terus menurun seiring dengan semakin luasnya minat konsumen kepada motor skuter matic. Tapi pabrikan tak surut menawarkan motor terbaru mereka. Khususnya disegmen sport fairing 150cc. Besok, kabarnya YIMM (Yamaha Indonesia) meluncurkan motor baru !!

Banyak yang sudah bisa menebak apa motor itu. Disinyalir kuat, motor sport fairing segmen 150cc yang sebelumnya sudah hadir di pasar motor India. Ya.. Yamaha R15 V4. Menurut penulis, seri ini yang bakal hadir untuk pasar motor Indonesia. Bagaimana dengan R15M ? Mubadzir untuk dihadirkan saat ini, apalagi saat R15 V4 juga dipasarkan.

Apalagi Desember mendatang ini, akan ada event balapan Yamaha Endurance Race. Cocok bila disandingkan dengan peluncuran motor sport dengan segmen yang sama yaitu Sport Fairing. Ditunjang pula dengan kenyataan bahwa Yamaha YZF-R15 ini merupakan produk global yang mana area pemasarannya difokuskan di Asia sedangkan R125 untuk pasar Eropa.

Tampilan Yamaha R15 V4 ini mirip sekali dengan Yamaha R7. Tampilan baru dengan desain mirip moge Yamaha ini diharapkan akan menarik kembali minat konsumen disegmen sport fairing dalam hal ini dikelas 150-160cc.

Fitur motor ini tentu tak perlu penulis tanyakan. Bakal hadir dengan seabrek fitur dan teknologi pendongkrak performa. Berikut juga fitur keamanan seperti dibekali sistem pengereman dual channel ABS. Konektivitas gawai yang membuat tampil kekinian.

Namun melihat kembali spesifikasi dapur pacu mesinnya, sepertinya tak terlalu berbeda dengan Yamaha R15 yang kini dipasarkan oleh YIMM di Indonesia. Tetap dengan mesin 155cc, SOHC, 4 katup, 1 silinder dengan fitur katup/klep yang diunggulkan yaitu VVA (Variable Valve Actuation)… membuat tenaganya merata direntang RPM menengah hingga putaran mesin tinggi.

Namun sepertinya Yamaha R15 V4 tidak sendiri. All New FINO kabarnya juga akan hadir. Ketidakberdayaan Fino menghadapi kompetitornya (Scoopy) tentu menjadi evaluasi tersendiri bagi prinsipal Yamaha untuk memperbaiki keadaan. Syukur-syukur bisa membalikkan keadaan. Nah untuk ini, YIMM perlu belajar kembali memahami demand market di indonesia terkait skuter matic berpenampilan retro. (F4)

Kolom Komentar