Yamaha VIXION R Matte Black Hadir di Tahun 2022

YAMAAF

Motomaxone.com – YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) meluncurkan motor baru diawal tahun 2022 ini. Motor dikelas sport naked berkapasitas mesin 155cc, VIXION-R. Seperti biasa sesuai selera masyarakat negeri +62. Hanya perubahan warna dan yang pasti desain stripe nya.

Motor ini cukup favorit di segmen motor sport kala itu dimana nama besar VIXION pernah berjaya. Diawal tahun ini YIMM memberikan amunisi pilihan dua warna baru yaitu Hitam Matte (Dof) dan penyegaran warna Merah Matte (Dof) yang mengusung warna kombinasi.

Khusus untuk Vixion R Matte Black, warna ini cukup dinantikan karena memberikan kesan warna netral. Yang tentu disuka lebih banyak segmen konsumen baik tua maupun muda.

Pada tipe Hitam Matte ini, memiliki tulisan Vixion R yang diberikan aksen warna emas (Gold) dan merah untuk memperkuat kesannya yang elegan. Grafis stripe baru terlihat dibagian cowling dan bagian buritan. Sedangkan untuk penyegaran warna Red Matte bisa pembaca sekalian lihat langsung melalui gambar.

Di awal tahun 2022 ini, tentu beban VIXION R di segmen naked sport 150-160cc semakin berat dengan hadirnya produk baru dari kompetitor utamanya. Seperti CB150X yang baru-baru ini hadir untuk pangsa pasar Indonesia. Namun seperti biasa, YIMM tak mencoba khawatir karena Vixion R memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki kompetitornya terutama disektor performa.

VIXION R. Sport naked 155cc ini dibekali dengan mesin satu silinder berkontruksi SOHC yang memiliki 4 katup macam mesin DOHC, bedanya Vixion R cukup menggunakan satu buah camshaft (noken as) saja. Didukung transmisi 6-speed dan mendapatkan booster performa dengan hadirnya teknologi VVA (Variable Valve Actuation).

Beberapa hal yang tak banyak diketahui konsumen terkait VIXION R ini adalah motor ini sudah dibekali dengan Banana Swingarm aluminium dimana kompetitor lain hanya bermodal swingarm konvensional berbentuk besi kotak. Motor ini juga sudah mendapatkan suntikan teknologi menarik macam Assist & Slipper Clutch (membuat ringan pengaplikasian tuas kopling dan membuat halus kerja mekanis perpindahan gigi transmisi) sehingga bisa berakselerasi lebih cepat.

Fitur lain-lain pastinya konsumen sudah pada tahu kan. Seperti headlamp yang sudah mengusung model LED, velg tapak lebar dengan ban gambot bertipe tubeless. Suspensi belakang masih setia dengan suspensi tunggal monocross.

Sadar bahwa produknya belum banyak berubah dari model tahun sebelumnya, YIMM memberikan ketetapan harga yang tak jauh beda dengan model lama. Vixion R model baru 2022 ini diniagakan dengan harga 32.180.000 rupiah on the road DKI Jakarta. Btw, YIMM kapan merubah desain Vixion R ini ya ? mengingat desain fisiknya saat ini tidak lebih disukai dibandingkan VIXION Gen 1 maupun Gen 2 seperti NVL dan NVA dahulu.  (F4)

Spesifikasi VIXION R 2022 :

Mesin
TIPE MESIN Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA
SUSUNAN SILINDER Single Cylinder
DIAMETER X LANGKAH 58 x 58.7 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 11.6±0.4 : 1
VOLUME SILINDER 155.1 cc
DAYA MAKSIMUM 14.2 kW / 10000 rpm
TORSI MAKSIMUM 14.7 Nm / 8500 rpm
SISTEM STARTER Electric Starter
SISTEM PELUMASAN Wet Sump
SISTEM BAHAN BAKAR Fuel Injection
TIPE KOPLING Wet Type Multi-Plate Clutch ; Assist & Slipper Clutch
TIPE TRANSMISI Manual
Dimensi
P X L X T (Length x Width x Height) 1950 x 720 x 1025 mm
JARAK SUMBU RODA 1320 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 165 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 795 mm
BERAT ISI 131 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN 11 L
Rangka
SUSPENSI DEPAN Teleskopic
SUSPENSI BELAKANG Swing Arm
TIPE BAN Tubeless
BAN DEPAN 90/80-17M/C 46P
BAN BELAKANG 130/70-17M/C 62P
REM DEPAN Disc Brake
REM BELAKANG Disc Brake
TIPE RANGKA Deltabox
Kelistrikan
TIPE BUSI NGK/MR8E9
SISTEM PENGAPIAN TCI
BATTERY YTZ4V/GTZ4V

Kolom Komentar