Yamaha Mulai Siapkan MX King Dengan Platform Mesin 155cc + VVA ?? Nggak Kaget …..

Motomaxone.com – Yamaha MX King 155 VVA disinyalir mulai terendus telah dilakukan uji jalan disalah satu negara di asia tenggara yang merupakan basis pangsa pasar generasi yamaha MX series sedari kelas 135cc hingga sekarang 150cc.

Dari salah satu media vietnam motosaigon menyebutkan bahwa spied foto beredar yang memperlihatkan model baru MX King ini berasal dari indonesia. Namun jika dilihat dengan teliti, memang lalu lintasnya mirip dengan di indonesia namun sosok mobil disamping pengendara motor yang diduga MX King 155 VVA 2019 ini memiliki plat nomor yang berbeda dengan plat nomor khas indonesia.

Dari pengamatan penulis sendiri, tak penting dimana spied ini ditampakkan, bisa jadi di malaysia, filipina, thailand ataupun di vietnam sendiri yang memang negara-negara tersebut menjadi fokus pemasaran generasi MX series.

Yang pasti, jika memang yamaha mulai menjalankan project Yamaha MX King 155 VVA Bluecore bisa dipastikan turunan mesin yang digunakan mengadopsi dari NMAX, AEROX 155, VIXION-R VVA hingga R15 VVA. Strategi penggunaan satu platform mesin untuk banyak produk mengingatkan penulis pada strategi AHM dengan mesin DOHC 150cc nya, bedanya di yamaha yang dijadikan platform mesinnya adalah mesin 155cc SOHC dengan teknologi VVA.

Jika memang demikian adanya, terus terang penulis sendiri tidak cukup kaget dengan langkah yang dilakukan oleh yamaha, hanya MX King sajalah yang saat ini belum mendapatkan upgrade performa. Padahal hampir semua motor yamaha yang memiliki kubikasi mesin 150cc sudah di mark-up berubah menjadi 155cc plus bonus teknologi VVA.

Sebut saja NMAX yang menjadi pionernya dikelas mesin 155cc VVA di indonesia kemudian menular ke AEROX 155 VVA. Tipe sport pun tak kalah ketinggalan, R15 dan Vixion yang mulai kalah pamor dengan rival kuatnya dari honda mencoba berbenah dengan mengumbar spesifikasi mesinnya.. lagi-lagi kubikasi mesin 155cc + VVA menjadi andalan baru untuk New R15 dan Vixion-R. Bahkan teknologi VVA inipun dipaksakan untuk diakomodir mesin 125cc pada produk LEXY.

Artinya apa ? Dari segmen yang sudah diisi oleh mesin 155cc + VVA, hanya segmen bebek super saja yang masih belum terjamah yaitu produk Yamaha MX King 150. So wajar jika yamaha mulai bersiap meluncurkan produk tersebut ditengah persaingan kuat sport underbone yang didominasi dengan mesin DOHC yang khas disukai oleh penyuka kecepatan. Oh ya, dari batok headlamp nya motor yang diduga MX King 155 VVA 2019 ini sudah mengusung model multi reflektor yang penulis sinyalir sudah mulai berani mengusung headlamp dengan teknologi LED seperti pada rivalnya. (red)

Advertisements
One Comment

Sopan Berkomentar Kamipun Segan