Review Singkat Ketemu Langsung Dengan Yamaha FREEGO 125 di Kota Malang

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, beberapa waktu kemarin penulis mendapatkan informasi kalau Yamaha FreeGo 125 sudah mulai mendarat di kota malang. Maksudnya distribusi motor ini dari jakarta sudah mulai datang satu persatu di kota malang dan kemungkinan juga di wilayah jawa timur. Karena rasa penasaran yang cukup dalam penulis akhirnya mendatangi untuk melihat langsung motor matik yang dilabeli yamaha sebagai Amazing Matic ini..

Mengapa penasaran ? karena selama ini matik yamaha non premium (diluar Nmax, Aerox 155 dan Lexi) selalu saja diluar ekspektasi konsumen sehingga buntutnya nggak laku dan mangkrak hanya menjadi pajangan di showroom dealer. Secara porsi penjualan pun juga tidak mengesankan..

Dikarenakan FreeGO 125 ini berbeda dari matic ­mid-end yamaha yang lain maka penulis pun penasaran untuk melihatnya langsung sebagai bahan ulasan untuk pembaca setia blog ini. Begitu ceritanya..

Meskipun rada sedikit malam, penulis meluncur ke lokasi yang bertempat di salah satu dealer kawakan di kota malang yaitu Yamaha Anugerah Motor di daerah Mergosono kota malang. Sampai disana saya melihat sosok Yamaha Freego 125 dengan warna merah metalik dengan kombinasi hitam glossy.

Hanya itu ? Yup karena informasi yang penulis dapatkan, untuk sementara ini semua diler hanya mendapatkan jatah 2 unit Freego dan sementara itu yang datang masih satu unit dimana unit tersebut adalah salah satu dari varian standar (Standart Version) Yamaha Freego 125. Dari sini penulis bisa mengambil kesimpulan dari contoh kasus produk lainnya, yamaha ini cukup lemah di sektor distribusi produknya yang mana pada tahap awal selalu saja seret untuk masalah distribusi barangnya.

Impresi Pertama Melihat FREEGO 125…

Melihat langsung pertama kali, body menggembung dibanyak sisi mengingatkan penulis seperti ‘mendol’ ^_^, kesannya lucu… beberapa poin yang menurut penulis bisa menjadi senjata ampuh melawan dominasi produk kompetitor antara lain sebagai berikut :

  • Ada pilihan KEYLESS/tanpa anak kunci (versi S dan S-ABS) dan KUNCI KONTAK (versi Standar)
  • LUBANG PENGISIAN BBM didepan pengendara, jadi nggak perlu repot naik turun kendaraan kayak motor matik mid-low end lainnya. Fitur ini penulis nilai bahkan lebih smart/pintar ketimbang lubang pengisian bahan bakar milik NMAX dan AEROX 155, apalagi LEXI yang masih harus buka jok saat mengisi BBM.

  • BAGASI LEGA dengan kapasitas 25L dimana kapasitas ini setara dengan AEROX 155 dan lebih besar ketimbang bagasinya NMAX. Helm fullface INK milik penulis pun bisa muat di bagasi FREEGO 125 ini padahal saat mencoba di NMAX, AEROX 155 tidak bisa masuk alias jok jadi tidak bisa ditutup.

  • JOK PANJANG & LEBAR. Matik low-mid end identik dengan hal-hal yang hemat. Sampai-sampai jok tempat duduk pun jadi langsing dan pendek. Jadinya saat digunakan boncengan jadi kurang nyaman. Jok panjang Freego 125 ini mengakomodir kebutuhan motor keluarga seperti berboncengan.

  • Lampu depan LED dengan ciri khas warna putih yang dilengkapi dengan batok lampu multireflektor. Berikut juga lampu HAZARD untuk kondisi darurat dijalan yang bisa difungsikan untuk mendukung keamanan saat berkendara.

  • SPIDOMETER DIGITAL. Desain spidometernya memang biasa dimana displaynya hanya kotak begitu saja. Namun desain dashboardnya cukup simpel dan enak dipandang.

  • BAN BESAR. Memberikan keseimbangan pada desain bodynya yang sedikit bongsor ketimbang generasi Mio M3 dan SoulGT. Depan (100/90-12) Belakang (110/90-12). Ring velg yang tidak lebar membuat motor ini terkesan berotot.

Beberapa keunggulan tersebut sebenarnya sudah bisa menjadi senjata ampuh bersaing dengan kompetitor. Namun motor ini bukan tanpa kekurangan, yang mana bisa anda cek sebagai berikut :

  • Minus space/tempat barang dibagian luar terutama disekitar kunci kontak. Padahal disana terdapat sockter power charger yang difungsikan untuk charge hp pengendara, sementara tempat menaruh hp nya sendiri tidak disediakan. Sebagai ganti hilangnya space tempat barang diluar, yamaha menyediakan gantungan barang. Mungkin maksudnya untuk menggantung tas anda disana sedangkan hp/smartphone anda diletakkan didalam tas :mrgreen:
  • Lampu kota, lampu belakang dan lampu sein masih mengusung model bohlam. Bisa jadi ini merupakan penghematan ala yamaha, disisi lain yamaha mungkin memberikan kredit tambahan untuk menghemat pengeluaran saat lampu bohlam tersebut putus, sehingga pemilik motor hanya perlu mengganti bohlamnya saja tanpa perlu sepaket dengan rumah lampunya yang pastinya membutuhkan biaya lebih mahal.
  • Socket Charger tanpa bonus perangkat USB charger. Lha kalau mau ngecharge gimana dong ? ya beli sendiri. Sayangnya bukan motor ini saja yang tidak diberikan bonus USB charger, namun semua pabrikan yang sudah mendukung fitur sockter charger tidak memberikan USB chargernya sebagai bagian dari paket penjualan motor, jangankan motor, pabrikan mobil pun juga demikian adanya.

Mungkin ini sedikit review penulis tentang impresi pertama bertemu dengan Yamaha Freego 125. Overall motor ini cukup layak dibeli ketimbang Mio M3, Mio S ataupun SoulGT karena memiliki fitur yang lebih baik dan bahkan tidak dimiliki skutik premium CC kecil buatan yamaha yaitu lubang tangkin BBM didepan, lebih praktis ketimbang lubang tangkinya NMAX dan AEROX 155 pastinya karena penutup nya bekerja seperti tutup tangki motor sport tipe tutup tangki rata, jadi ada semacam engsel nya, so tidak perlu lagi dipegang seperti NMAX dan AEROX 155. Apalagi seperti LEXI yang harus buka jok lebih dulu… ribet pastinya.

GALERI :

Advertisements
2 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan