Yamaha Akan Produksi Sport Murah Pesaing Verza ?? [Analisa Ringan Disela Hujan……..]

yamahaszsPembaca sekalian, pangsa pasar sport indonesia yang diyakini telah bergeser dominasinya menimbulkan berbagai rumor yang berkembang di kalangan pecinta otomotif roda dua tanah air. Yup, mengawali tahun 2014 Honda mengklaim bahwa market share sport honda secara signifikan melonjak mengalahkan sport sang kompetitor secara total.

Salah satu kesukesan Honda adalah keberaniannya menyerang kompetitor dengan memperbanyak varian produknya. Verza 150 yang sempat fnc rasakan sensasi berkendaranya cukup moncer menjadi salah satu pilihan masyarakat. Toh sudah 150cc, toh sudah injeksi, bergenre sport dan murah pula.

Dengan posisi banderol harga yang cukup njomplang murahnya bahkan lebih murah dari underbone high-perform Honda CS1 membuat AHM memutuskan menyuntik mati underbone terbaiknya tersebut hanya karena sepi peminat. Keberhasilan honda menggeser dominasi produk sport yamaha membuat rumor berkembang bahwasannya yamaha mempersiapkan sport murah sebagai cara membendung laju kompetitornya tersebut.

Sebegitu parahkah ketakutan yamaha kali ini? Fnc pribadi menilai bahwa dalam kurun waktu 1-2 tahun ini rumor tersebut tak akan terbukti kebenarannya meskipun ada juga pernyataan dari salah seorang internal yamaha. Toh spy-war seperti ini menurut fnc lumrah dan biasa dalam sebuah kompetisi. Hoaxxx…..?  Bisa jadi…………

2013-motogp-edition-njmx

Untuk mengalahkan honda yang sudah kuat secara mainset konsumen roda dua tanah air salah satu poin penting adalah menjaga kualitas produk sebaik mungkin. Itulah fokus yamaha kali ini, meskipun pelopor motor injeksi adalah produk honda misal, toh yang menyakinkan masyarakat bahwa injeksi tidak lah menjadi masalah untuk ditakuti malah dibuktikan oleh yamaha dari produk V-ixion nya 2007 silam.

Nah, 2014 belum juga menapak genap satu semester, jadi tak ada alasan bagi yamaha untuk terlalu pesimis dengan produk sportnya saat ini. Toh, Byson saja juga belum di injeksikan. Rumor berkembang yang menyebutkan akan datangnya Yamaha SZ-S yang merupakan sport murah yamaha bisa jadi hanya isapan jempol belaka. Masih banyak produk yang belum dimaksimalkan, mengingat pangsa pasar moped di indonesia juga tak bisa dibilang sedikit. Masih banyak yang memilih moped ketimbang matic meskipun secara total matic cukup mendominasi.

Mengapa demikian?? Jika yamaha memaksa berbuat bodoh dengan meladeni permainan honda maka itu akan mengikis kelas moped yamaha sendiri. Jika dibanderol di rentang harga 17-18 jutaan, maka konsekuensi yang harus diambil adalah merusak pasar New Jupiter MX sendiri yang saat ini saja tembus 18 jutaan OTR Malang. Masak iya pasar NJMX akan disuntik mati? Pdahal jika diteliti lebih lanjut dari grafik penjualannya NJMX meningkat pesat dipuncak penjualan moped yamaha sendiri.

Indonesia bukan india yang tak memiliki kelas moped so sah-sah saja jika disana motor batangan dibanderol begitu murahnya. Setidaknya jika dilihat dari fungsi dan lain-lain moped memiliki nilai plus yang tak dimiliki motor batangan. (fnc)

___________________

Berita Terkait :

10 Comments

Kolom Komentar