WSBK Kalahkan Pamor MotoGP di Sirkuit Jerez

Laverty-Aprilia-Superbike

Sudah menjadi hal yang wajar. Jika sebuah kompetisi seringkali diperbandingkan dengan kompetisi yang lain. Apalagi jika menyangkut gengsi dari kompetisi itu sendiri, pastinya semakin sensitif jika dibahas.

Pada kompetisi balap roda dua, semua tahu bahwa motogp adalah kiblat balap motor nomor satu dunia. Selanjutnya balap motor sport dibawah motogp kita kenal dengan WSBK ‘World Superbike’. Gengsi sebuah kompetisi balap nomor satu motogp tak lepas dari ketersediaan mesin prototipe pabrikan bagi motor tim kontestan terkecuali mesin CRT.

So, jika rekor waktu yang ditempuh salah satu peserta motogp  saat melahap satu lap sirkuit mampu disamai bahkan dikalahkan oleh pembalap Superbike misal. Maka secara langsung akan menjatuhkan pamor motogp itu sendiri.

Beberapa waktu lalu, telah dilakukan tes tak resmi oleh tim Ducati di sirkuit Jerez ,Spanyol. Tak hanya dilakukan oleh tim ducati motogp, saat itu telah berlangsung pula tes pra musim peserta Superbike.

hayden-jerez-2012

Parahnya, berbekal mesin prototipe pabrikan. Ducati hanya mampu membukukan waktu tercepat tak lebih baik dari peserta superbike. Diwakili oleh Hayden, ducati hanya mampu mencatatkan waktu 1:40.855 dan berhasil menjadi pembalap tercepat kedua dibawah pembalap Aprilia Superbike Eugene Laverty.

Record-Jerez-test

Namun, capaian waktu yang diperoleh ducati desmo GP lebih baik dibandingkan Ducati 1199 milik Carlos Checa yang hanya berada diposisi ke-10 waktu tercepat. Dengan kekalahan waktu tempuh peserta motogp ini, tentunya pamor Superbike akan sedikit terangkat, bahwa Superbike memiliki potensi lebih baik dibandingkan motogp. Namun, dari kekalahan catatan waktu peserta motogp di jerez kali ini masih bisa bernafas lega karena dari sekian banyak catatan waktu pembalap superbike belum mampu melengserkan Race Lap Record yang masih dipegang Lorenzo dari Yamaha MotoGP dengan waktu 1:39.731.

Kolom Komentar