Winglet Ducati Tersandung Isu Keselamatan Terkait Kontak Fisik GP16 Iannone Dengan Marquez

safety race issue winglet iannone Isu keselamatan kembali mencuat terkait faktor keselamatan pembalap yang berkaitan dengan keberadaan winglet (sayap aerodinamika) yang digunakan oleh beberapa pembalap di kompetisi MotoGP Argentina. Salah satunya adalah winglet Ducati milik Iannone.

Investigasi divisi keselamatan kembali menemukan safety issue yang terjadi di GP Argentina lalu. Dalam sebuah capture tayangan menunjukkan winglet milik Ducati cukup membahayakan saat Iannone terlibat kontak dengan Marc Marquez saat memasuki tikungan.

Winglet miliki ducati tersebut bisa saja mendorong jatuh Marquez jika saja Iannone berusaha menekan kedepan motornya.Tak hanya beresiko jatuh, namun Marquez juga berpotensi tersangkut winglet dan mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Dari kejadian ini semakin menguatkan argumen FN di artikel sebelumnya bahwa resiko penggunaan piranti aerodinamika seperti tambahan winglet pada balap motor lebih beresiko ketimbang mobil-mobil Formula 1.

Alasannya simple brosis, karena balap motor memungkinkan pembalap tidak terproteksi maksimal pada benda-benda yang menyentuh mereka. Berbeda dengan mobil F1 yang mana driver nya terlindungi di bagian tengah yang diselubungi oleh body mobil dan rangka yang cukup kuat.

iannone crash with dovi gp argentina 2016

Dengan adanya investigasi dari insiden ini semakin menguatkan dugaan FN bahwa penggunaan winglet mungkin saja tidak akan penuh satu musim karena keburu dilarang terkait potensi keselamatan pengendara lain. (~FN)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
==============

Kolom Komentar