Viar Indonesia Resmi Luncurkan Viar Q1, Motor Listrik Kolaborasi Viar-Bosch-UGM Hanya 16 Jutaan !!

Motomaxone.com – Apa yang terjadi dibenak anda ketika mendengarkan nama produk Viar Q1 ? Jangan bingung brosis, ini adalah produk terbaru dari Viar Indonesia yang merupakan produk andalan dikelas motor listrik. Yup, Viar Indonesia secara resmi merilis Viar Q1 ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Diluncurkan secara resmi, Viar Indonesia langsung memberikan banderol fantastis untuk Viar Q1. Hanya 16,2 jutaan OTR (on the road) Jabodetabek. ATPM yang memiliki tempat produksi di Semarang Jawa Tengah ini menyebutkan bahwa basis Viar Q1 ini adalah motor listrik, artinya sudah tidak lagi bergantung pada bahan bakar minyak melainkan sudah menggunakan sistem baterai.

Untuk spesifikasi dapur pacunya sendiri, Viar Q1 dibekali dengan mesin listrik berdaya 800 watt yang dibuat oleh pabrikan Bosch. Klaim pabrikan membeberkan, kecepatan puncak dari motor listrik Viar Q1 ini mencapai 70 kpj. Sekali pengecasan baterai mampu bertahan hingga mencapai jarak tempuh 70 km.

Berbeda dengan baterai motor pada umumnya, Viar Q1 ini dibekali dengan baterai Li-ion 60V20AH bertipe free maintenance. Viar Q1 memiliki kapasitas accu sebesar 2 Kwh. Waktu yang dibutukan untuk pengecasan dari kondisi habis hingga penuh mencapai 5-7 jam. Charger soketnya sendiri memiliki spesifikasi daya listrik 220V berkekuatan 50Hz.

Berbasis motor listrik, Viar Q1 terbilang sangat ringan secara bobot motornya. Bobot total motor hanya 78,5 kg. Chasis menggunakan rangka besi, sedangkan suspensi depan menggunakan model suspensi teleskopik. Nah untuk suspensi belakang menggunakan suspensi ganda. Viar membekali Q1 ini dengan ukuran ban yang sama antara depan dan belakang yaitu 90/90 bertipe tube (bukan tubeless lho ya) dengan ring velg 10 inchi.

Menciptakan kendaraan tanpa polusi seperti himbauan pemerintah, dalam proses pengembangannya Viar Q1 ini merupakan kolaborasi antara Viar Indonesia, Bosch dan UGM. Semoga kedepannya motor listrik ini semakin marak ya untuk menciptakan lingkungan bersih tanpa polusi, namun juga harus di fikirkan untuk sarana-sarana pendukungnya untuk kenyamanan pengendara dijalan. (red)

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan