V-Angle Untuk Mesin Ducati GP12

Permasalahan berlarut GP11 dan GP11.1 menjadikan duet Rossi dan Hayden tak mampu berbuat banyak untuk mengendalikan laju kuda besinya masing-masing. Berbagai cara telah dilakukan sampai pada akhirnya seorang The Doctor pun untuk pertama kalinya sepanjang karir professionalnya harus puasa gelar walau hanya mendapatkan 1 podium dalam satu seri.

Itulah mengapa jeda waktu istirahat sampai sekarang, para kru Ducati sibuk mencari solusi terbaik untuk musim kompetisi 2012.

Banyak yang berbeda dari GP12 versi baru yang bakal digunakan Rossi kali ini. Dikabarkan oleh Moto Journal bahwa versi terbaru GP12 kali ini memiliki desain mesin V-angle yang artinya mesin kembar yang semula didesain V 90 derajat (saya lebih prefer menyebutnya mesin bentuk “L”) telah dirombak dan didesain ulang menggunakan model sudut V namun sempit seperti halnya desain mesin yang digunakan Honda.

Jika memang benar, berarti Ducati telah mendesain ulang motornya secara radikal. Tak hanya sasis serat karbon dan rangka aluminium twin-spar (atau deltabox).  Tetapi juga mesin berbentuk V-angle untuk membantu memecahkan bagian depan motor yang bermasalah. Sebuah sudut V sempit pada desain mesin berarti kinerja mesin akan lebih kompak, yang diharapkan mampu menyeimbangkan kinerja mesin itu sendiri dibandingkan mesin berbentuk “L” 90 derajat.

Tak hanya itu, rangka twin-spar juga terlihat mendapatkan perbaharuan dimana saat ini lebih terlihat utuh sampai muncul kebelakang. So, apakah Rossi bersama GP12 mampu menghadapi lawan-lawan tangguhnya musim ini?? Eiits…, tunggu dulu msbro. Pastinya pengembangan GP12 belum final mengingat saat ini di Sepang masih sebatas uji coba resmi. Masih ada waktu beberapa bulan sebelum kompetisi untuk berbenah mencapai hasil yang maksimal dan itu dimulai saat ini. (fnc)

No Comments

Kolom Komentar