Uji Tahap Akhir Triumph Trident 2021, Honda CB650 Punya Pesaing Baru

Motomaxone.com – Produsen motor asal Inggris yaitu Triumph Motorcycle Ltd sedang melakukan proyek tahap akhir dari motor prototipe barunya yaitu Triumph Trident 2021. Dari sisi segmen pasarnya, motor baru ini bakal bersaing ketat dengan kompetitor sekelasnya.

Diantara para kompetitornya tersebut ada Honda CB650R, XSR 700, Kawasaki Z650 dan juga Yamaha MT-07.

Tahap pengujian Triumph Trident 2021 ini sejatinya sudah cukup lama dilakukan. Agustus lalu motor ini tersirat sudah dikenalkan oleh Triumph ke hadapan publik. Namun sekarang model akhirnya sudah pula diperkenalkan meski terlihat masih berselimut penuh dengan stiker berlogo ‘T’ Triumph.

Motor roadster tiga silinder khas produk Triumph ini akan mengisi segmen baru dijajaran motor roadster yang dimiliki mereka. Sekaligus mengindikasikan akan ada beberapa produkyang bakal di eliminasi terkait dengan kehadiran Triumph Triden yang satu ini. Lagi-lagi mengusung konsep roadster bergaya naked bike, hampir mirip dengan para rivalnya. Triumph menjanjikan motor ini memiliki Torsi yang melimpah. Mengusung teknologi terdepan dikelasnya sesuai dengan klaim pabrikan namun tetap mudah dikendalikan.

Spesifikasi resmi dari motor ini sendiri belum diumumkan oleh pihak Triumph. Namun menilik dari tangkapan layar pada tampak foto yang beredar menunjukkan bahwa sasis alias rangka mengusung model baru. Desainnya lebih simpel dari kebiasaan motor Triumph dan terlihat mengusung material baja.

Yang menarik dari desain mesinnya. Triumph Triden ini tidak mengusung mesin yang identik dengan jajaran Street Triple terbaru yang 765cc itu. Namun lebih seperti bentuk lama yang mengusung mesin berkapasitas 675cc seperti yang ada pada tahun 2016 lalu. Hal ini diperkuat dengan desain baru pada crank cover­ (penutup kopling). Namun beberapa media luar menyebutkan bahwa informasi yang mereka dapatkan mengarah pada pengaplikasian mesin berkapasitas 660cc. Desain mesin 660cc ini pertama kali hadir untuk pasar Australia dimana disana memiliki kebijakan dalam pembatasan untuk pengendara yang belum memiliki pengalaman lebih dalam mengendarai motor besar. Cukup dibatasi dengan motor bermesin 660cc. Sedangkan performanya disebut bervariatif. Ada yang bilang hanya 47 hp karena masalah regulasi seperti di eropa misalnya. Namun juga hadir dengan power 94 hp untuk pasar Amerika yang tidak memberikan regulasi ketat tentang masalah itu.

Selain mesin yang terlihat masih mengusung platform Street Triple S. Maka komponen suku cadang lain pada Triumph Triden ini juga masih berbagi pakai dengan platform produk Street Triple S tersebut. Seperti suspensi upside down besutan Showa dengan inner tube  berukuran 41mm. Juga kaliper Nissin dua piston. Model cakram yang diusung Triumph Triden ini dikatakan merupakan versi lebih murah dibandingkan Street Triple dimana cakram yang dipakai saat ini dibaut langsung dibagian velg/roda.

Terlihat pada bagian belakang, terdapat swing-arm dengan desain baru. Bentuknya lebih sederhana ketimbang yang digunakan oleh Street Triple S. Kalipernya pun mengusung brand Nissin dimana sebelumnya menggunakan merk lebih terkenal Brembo. Yang menarik dari yang penulis lihat adalah penempatan plat nomor. Plat nopol di bagian buritan dianggap mengganggu estetika bagian belakang motor sehingga pada versi Triumph Triden ini, plat nopol ditempatkan pada bagian Swingarm. (red)

Foto Lain :

Kolom Komentar