Uji Coba Jerez 2016… Honda Pasang 6 Winglet Untuk RC213V Milik Marc Marquez

six winglet repsol honda rc213v

6 winglet untuk Marc Marquez ?? Kesuksesan Rossi melesat dominan bersama winglet barunya di Yamaha M1 ternyata membuat pabrikan lain semakin kepincut mengembangkan perangkat sayap aerodinamik yang kini mulai digemari di kompetisi motogp. Tak tanggung-tanggung, 6 winglet dijejalkan di motor RC213V milik Marc Marquez.

Sesi tes pengujian motor kembali di gelar pasca GP Jerez 2016 berlalu. Tentu saja suksesnya Valentino Rossi yang begitu tak tersentuh berkat performa motor yang naik tajam menjadi sorotan utama. Tak hanya dari garasi sebelahnya yaitu garasi milik Lorenzo, namun garasi Repsol Honda juga berminat mengembangkan sayap aerodinamik tersebut lebih ekstrem lagi.

6 Winglet untuk RC213V Marc Marquez menjadi jawaban bahwa Repsol Honda pun semakin terbuka dengan pengembangan winglet yang terbukti mampu membantu kestabilan motor seiring berkurangnya dukungan perangkat elektronik.

Jika berbicara masa depan dari penggunaan winglet sendiri masih cukup meragukan apakah akan digunakan terus dimasa mendatang, namun Repsol Honda sepertinya tak ingin kehilangan momentum untuk berbenah. Hasil race gp jerez yang menunjukkan RC213V milik Marc Marquez kalah telak dengan Yamaha M1 milik Rossi dan Lorenzo menjadi catatan serius.

Rossi yang sebelumnya selalu bersusah payah untuk bisa menggapai podium malah dengan mudah memenangi seri jerez lalu dengan performa Yamaha M1 yang mengesankan. Catatan tersendiri dimana Rossi baru kali ini memenangi dan menyelesaikan race bersama winglet barunya… seolah menjadi jawaban akan kegagalan Rossi yang terjatuh di GP Austin lalu… yup Rossi membayar kegagalan sebelumnya dengan kemenangan sempurna.

Rossi winglet jerez yamaha

Nah dalam pengujian di sirkuit Jerez kali ini semua tim berlomba untuk tak tertinggal. Tak terkecuali Marc Marquez yang saat ini masih menduduki klasemen sementara perburuan gelar juara dunia. Tentunya performa Yamaha M1 di race jerez lalu menjadi gambaran tolok ukur kekuatan kedua pabrikan besar ini… jika Honda tak berbenah maka bukan tidak mungkin gelar juara yang dibidiknya akan hilang tahun ini.

Honda yang cukup terlambat dalam pengembangan model winglet akhirnya bisa MOVE ON. Dari desain sebelumnya hingga sekarang, Honda mulai antusias dengan manfaat sayap aerodinamik ini untuk diaplikasikan pada Honda RC213V nya.

Buktinya, di tes bebas jerez 2016 Honda RC213V milik Marc Marquez mengaplikasikan desain 3 pasang winglet yang jika ditotal ada 6 winglet pada motor Marc Marquez. Pengujian ini sepertinya untuk lebih memahami manfaat winglet untuk dipadukan dengan karakter motor. Pada sesi GP Jerez lalu, Honda sudah mendesain winglet Marc Marquez mirip dengan milik Yamaha.

Lorenzo winglet jerez yamaha

Namun rasa penasaran akan sayap aerodinamik ini menjadikan Honda mengembangkan desain 3 pasang winglet di kanan dan kiri dengan model bertumpuk dengan total jumlah winglet sebanyak 6 buah sayap.

Menghadapi GP Le Mans kedepan, Honda harus memberikan paket motor yang lebih baik dari sebelumnya untuk menjaga kans Marc Marquez dan memuluskan The Baby Alien ke tangga juara. Namun ini tidaklah mudah, Yamaha sendiri sudah mendapatkan performa terbaiknya.. yang secara tidak langsung akan berperan meningkatkan motivasi pembalapnya untuk lebih serius mengejar ketertinggalan.

Peran winglet sendiri bertindak sebagai sayap aerodinamik yang dirancang mampu mengurangi wheelie (roda depan terangkat saat bukaan gas), namun disisi lain tak sedikit yang menyuarakan ketakutan akan keselamatan pembalap saat terjadi gesekan ataupun saat mengalami kecelakaan. Begitu juga dengan biaya pembuatan dan pemeliharaan winglet yang nyatanya cukup mahal. (~FN)

 

Kolom Komentar