Test Race Yamaha NMAX di Sirkuit Green Park Blitar……. [Final Review NMAX]

race-nmax-4

Motomaxone.com — Sore gaess… rangkaian test ride Yamaha NMAX yang pernah fn ulas sebelumnya dalam beberapa artikel masih menyisakan satu lagi yang tentunya menjadi penasaran. Matic gambot yamaha buatan lokal indonesia ini menjadi booming lantaran terpilihnya produk tersebut sebagai Bike of The Year tahun ini. Kali ini fn akan secara ringkas mereview bagaimana sih impresi Yamaha NMAX yang digunakan di sirkuit.

Green Park Circuit, Blitar menjadi bahan uji coba fn untuk mengeksplore lebih lanjut Yamaha NMAX yang dinobatkan sebagai motor terbaik tersebut. So seperti apa impesinya? Dengan spesifikasi standar tanpa adanya ubahan apapun,… melibas sirkuit dengan karakter lintasan pendek tersebut NMAX terbukti stabil, apalagi karakter aspal cukup rata tak berlubang. Hal ini didukung suspensi belakang yang keras sehingga bantingan kemudi ke kanan dan ke kiri serasa nyaman stabil dan mudah diarahkan. Namun jangan berkesimpulan berlebihan…

race-nmax-1

NMAX memang cukup stabil melibas tikungan.. namun sejauh tikungan tersebut tidak berkarakter tikungan patah. Stabilnya melibas tikungan dengan karakter melengkung berbeda rasa dengan saat fn melibas tikungan terakhir sebelum garis start. Berupaya mengambil sudut bagaimanapun fn bersama NMAX masih melebar.

race-nmax-2 green park

Tes akselerasi keluar tikungan.. untuk tes yang satu ini NMAX membuktikan torsi nya mampu diandalkan. Fn sempat berbarengan keluar tikungan dengan remaja yang berlatih road race dengan motor-motor oprekannya… untuk akselerasi awal lurus hingga bertemu tikungan lagi NMAX membuktikan keunggulannya. Namun urusan handling meskipun nyaman, NMAX tergolong berat untuk melibas tikungan sirkuit sehingga sering kali fn kehilangan waktu di setiap tikungan tersebut. Selain tes akselerasi… fn juga cukup lega betot gas poll… dengan pertimbangan lintasan sirkuit memang lintasan cukup aman untuk mereview motor ini ketimbang di jalanan umum yang tentunya membahayakan diri dan pengendara lain. Namun dikarenakan tidak adanya straight yang cukup panjang di sirkuit ini, top speed Yamaha NMAX di green park sirkuit hanya sebatas 80-90 kpj selebihnya masuk tikungan. Top speed sirkuit ini diperoleh di trek lurus pertama karena tidak ada lagi lintasan lurus yang lebih panjang. Mungkin Pemkot Blitar perlu untuk mengembangkan lebih panjang lagi sirkuit ini untuk mengakomodir tes kecepatan maksimal mengingat masih terdapat lahan yang bisa dimanfaatkan.

race-nmax-3 green park

Yang menjadi keseruan tersendiri bahwa fn satu-satunya yang saat itu menggunakan matic gambot yang nimbrung ikut latihan di dalam sirkuit bersama beberapa pembalap yang berlatih road race. Selain itu, posisi berkendara fn bersama NMAX yang bergaya selonjoran membuat mata penonton saat itu tertuju ke matic gambot ini seperti penasaran… padahal dilain sisi pembalap2 yang berlatih road race pada di tekuk semua kakinya khas balap underbone. Jadinya latihan balap yang aneh sendiri… namun sayang saat itu fn hanya sendiri beraksi di sirkuit tanpa dokumentasi saat beraksi. Meskipun demikian fn bersama NMAX yang berlatih di Sirkuit Green Park Blitar menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton dan juga penjaga sirkuit… bahkan saat rekan blogger rudysoul yang asli blitar bertanya pada karyawan di sirkuit.. kebanyakan mereka mengetahui jika tadi siangnya ada Matic mahal yang latihan di sirkuit tersebut 😆 … setelah itu fn pun memutuskan bertolak pulang ke malang dengan semangat baru.. sukses mereview lengkap produk tersebut di beberap kondisi jalan dan sirkuit. (red)

 

No Comments

Kolom Komentar