Tes Konsumsi Bahan Bakar Suzuki GSX-S150, Harian dan Luar Kota Mencapai Efisiensi 47,24 KM/L

Motomaxone.com – Saatnya kita bahas konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-S150 brosis. Rasa penasaran pembaca memang tidak berlebihan, biasanya admin mereview lebih cepat konsumsi BBM ketimbang yang lain, namun tidak dengan Suzuki GSX-S150. Ada apakah gerangan ? Memang sengaja admin tempatkan review ini sebagai yang terakhir menutup bulan Mei 2017. Bagaimana efisiensi bahan bakar dari naked sport 150cc buatan Suzuki Indonesia ini ? Yuk dilanjut bacanya…

Untuk uji coba tes konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-S150 kali ini adalah akumulasi dari penggunaan harian admin bersama si GSX-S150 untuk digunakan beraktifitas kerja dan perjalanan luar kota Malang – Sidoarjo.

Untuk penggunaan hariannya sendiri hanya digunakan dalam waktu 2 hari saja untuk beraktifitas kerja sekaligus rolling city di wilayah malang kota. Jadi sedikit merasakan bermacet ria di jalanan pada kota malang di sore hari.

Sedangkan saat melakukan riding ke luar kota, karakter riding yang admin terapkan bukan menganut eco riding melainkan riding yang normal-normal saja. Lebih banyak riding kalem dengan kecepatan yang dipantengin di angka 80 – 100 kpj. Lha wong memang untuk mencapai 100 kpj ringan banget nggak perlu teriak kenceng.

Tetap santai, riding normal dan berkendara santun dengan motor Suzuki GSX-S150. Yah meskipun sedikit-sedikit adu sprint dengan beberapa produk kompetitor untuk melihat performa si GSX-S150 hehehe….

Pada tes konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-S150 kali ini, admin mencatatkan kilometer awal diangka 1.878. Angka tersebut admin tentukan setelah mengisi Full Tank BBM Pertamax 92 ke tangki Suzuki GSX-S150 yang berkapasitas 11 liter. Ketinggian bahan bakar juga admin tentukan mendekati pembatas yang terlihat jika anda membuka tutup tangki bahan bakarnya.

Setelah riding harian, rolling city hingga riding luar kota, admin pun memutuskan menutup rangkaian tes bahan bakar dengan mengisi kembali di SPBU di sekitaran kota sidoarjo. Disini, admin dapatkan angka odometer mencapai 1.998 KM. Dari kedua data dari odometer, kita dapatkan jarak tempuh yang sudah admin lakukan mencapai 120 kilometer.

Pengisian kedua Full Tank Pertamax 92 di SPBU Sidoarjo ini menjadi catatan penting untuk data konsumsi bahan yang sebenarnya. Dari gambar diatas yang admin dapatkan dari struk pembelian bahan bakar didapati bahan bakar yang ditambahkan mencapai 2,540 liter Pertamax 92.

Saat nya kita hitung ala metode FULL to FULL, dengan membagi jarak tempuh dengan bahan bakar yang ditambahkan di pengisian BBM yang kedua.

Admin mendapatkan nilai yang cukup memuaskan untuk motor naked sport 150cc berbasis hi-performance dari Suzuki GSX-S150. Konsumsi BBM Suzuki GSX-S150 didapati mencapai 47,24 km/liter.

Sebanding dengan pengukuran konsumsi BBM ala Speedometer…..

Tes konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-S150 yang admin hitung dengan metode Full to Full telah didapatkan konsumsi BBM mencapai 47,24 km/liter. Bagaimana dengan perhitungan digital ala dashboard speedometer ?

Di Suzuki GSX-S150, anda bisa melihat dengan mudah konsumsi bahan bakar motor selama anda berkendara. Anda bisa menekan tombol select di sisi kiri bawah dari speedometer full digital GSX-S150. Jadi tidak perlu repot-repot menggunakan metode Full to Full seperti yang motomaxone lakukan. Jadi tes konsumsi bahan bakar yang admin lakukan sebagai pembanding saja dari efisiensi bahan bakar Suzuki GSX-S150 secara umum.

Dari capture gambar yang admin lakukan setelah pengisian kedua sebagai penutup tes konsumsi bahan bakar pada tes kali ini, perhitungan ala digital dari dashboard speedometer menunjukkan hasil yang tidak berbeda jauh.

Perhitungan konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-S150 ala digital speedometer mencapai 47 km/liter. Berbanding sama dengan metode full to full yang admin lakukan.

Selain memiliki karakter performa tinggi, rupanya Suzuki GSX-S150 tidak mau kalah dengan kompetitor untuk menawarkan konsumsi bahan bakar yang efisien di kelas naked sport 150cc. Terbukti kan iritnya… so pantas untuk dibungkus nih untuk dijadikan tunggangan harian anda. (red)

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan