Terpuruk di Posisi 10 FP2 GP Le Mans…. Valentino Rossi Beberkan Alasannya Terkait Masalah Ban !!

rossi lemans day1 trouble

Kemenangan dominan Valentino Rossi di Jerez 2016 kemarin sepertinya tidak serta merta membuat langkah the frankenstein alias the doctor menjadi mulus di seri berikutnya. Hal ini terbukti di hari pertama latihan bebas GP Le Mans perancis, Rossi terpuruk di posisi 10 hasil akhir FP2. Untuk menepis banyak dugaan Rossi pun bersuara..

Tentu menjadi aneh bagi semua orang, disaat GP Jerez Rossi sangat cepat namun di pembuka GP LeMans FP2 Rossi malah melorot secara performa. Rossi bahkan lebih lambat hingga 1,1 detik dari Jorge Lorenzo yang di sesi yang sama menjadi pembalap tercepat dengan torehan waktu 1’32.830.

Di sesi pembuka GP Le Mans kali ini rupanya masalah utama motor Rossi terletak pada kestabilan motor itu sendiri. Akibatnya Rossi pun terlempar ke posisi 10 peringkat FP2 yang digelar kemarin waktu setempat.

Dengan hasil ini Rossi memiliki alasan kuat bahwa dirinya dan tim belum mendapatkan settingan motor dan ban yang tepat di hari pertama tersebut. Perlu diketahui, dalam penyelenggaraan GP Le Mans kali ini, semua tim mendapatkan 3 jenis pasokan ban untuk digunakan. Namun di hari pertama Rossi hanya bisa mencoba 2 ban dari 3 ban yang harus dicoba.

Uji coba yang dilaksanakan pagi dan sore hari tersebut menjadi cukup sulit bagi Rossi dan Tim. Pemilihan ban depan yang masih belum tepat membuat getaran berlebih sehingga menyebabkan ketidakseimbangan dan ketidakstabilan motor. Hal inilah yang membuat Rossi kehilangan banyak waktu.

Karena masalah ini pula membuat Rossi juga terbatas dalam mencoba semua ban yang diberikan. Rossi bersama tim sudah mencoba ban Michelin opsi pertama dengan karakter compound keras namun saat akselerasi, Yamaha M1 kehilangan grip sehingga kehilangan waktu. Namun usaha peningkatan sudah dilakukan dengan mencoba ban Michelin opsi kedua dengan karakter lebih lunak. Masalah kurangnya grip bisa diatasi dengan tipe ban ini, namun secara hasil Rossi masih tertinggal jauh dengan jajaran pembalap pabrikan lainnya.

Sayang untuk mencoba pilihan ban ke 3 Rossi bersama tim tidak memiliki banyak waktu sehingga harus mengakhiri FP2 dengan posisi ke 10. Rossi pun bertekad akan mencoba ban ke 3 besok pagi untuk melihat progress Yamaha M1. (~FN)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
==============

Berkomentarlah dengan sopan