Supersport 300 Akan Ditambahkan Untuk Musim Kompetisi SBK 2017, Menebak Kelahiran CBR300RR atau Berharap Lebih Spesifikasi Honda CBR250RR !!

wss-300

Musim kompetisi World Superbike 2017 sepertinya akan lebih seru dari musim ini. FIM dan Dorna selaku pihak penyelenggara telah mengumumkan kelas baru sport entry level untuk WSBK musim depan. Kelas supersport 300 telah dibuka…

Kelas supersport sejatinya untuk kelas motor sport 600cc sedangkan superbike untuk kelas motor 1000ccc. Namun platform motor baru 300cc ini dikatakan oleh presiden FIM akan menjadi tempat pengembangan bakat seorang pembalap yang lebih baik untuk berkarir di kompetisi internasional.

Sedangkan tujuan daripada dibuatnya kelas WORLD SP 300 untuk menciptakan standar dari kejuaraan internasional yang akan diikuti brosis. Dari keterangan pihak penyelenggara, motor yang bisa mengikuti kompetisi ini adalah motor dengan power maksimum yang dihasilkan tidak melebihi 47 HP.

Daftar motor juga sudah dibuat diantaranya CBR500RR, NINJA 300, KTM RC390 dan YZF-R3. Loh kok malah tidak ada CBR250RR pada list motor peserta ??

Hal ini dikarenakan sebelumnya Honda telah mengumumkan bahwa produk CBR250RR hanyalah untuk pasar motor Asia. Namun belakangan dari siluet WSBK Supersport 300 nampak terlihat tampang sangar dari Honda CBR250RR menjadi background kompetisi baru ini.

Kesimpulannya ? Bukan tidak mungkin, untuk pasar Eropa maupun Amerika, Honda akan mengembangkan Honda CBR250RR dengan kapasitas mesin yang lebih sesuai dengan regulasi disana. So…. kelahiran Honda CBR300RR memiliki kans yang lebih besar mengingat Honda pun membutuhkan promosi seperti ini untuk memperkuat image produknya.

Jika hal itu tidak memungkinkan untuk dilakukan, bukan tidak mungkin Honda akan memaksa CBR250RR masuk kedalam list peserta dimana lawan-lawannya memiliki kapasitas mesin yang lebih besar darinya. Kecuali, spesifikasi mesin Honda CBR250RR dianggap mumpuni untuk memberikan perlawanan pada motor sport 300cc. (Mr.OB)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...