Spied Big Bike Skuter Matic Yamaha X-MAX 250 Mulai Tes Jalanan, Berharap Produk Lokal Untuk Kompetitif Harga

Spied X Max 250

Kembali lagi OB disuguhi penampakan spied motor baru. Desas-desusnya nih motor ini adalah motor yamaha di segmen Big Bike Skuter Matic. Mengapa Big Bike karena besar kemungkan dari desain buritannya, ini adalah Yamaha X- MAX 250 yang sudah lama ditunggu-tunggu konsumen matic premium.

Sudah jauh hari produk ini diberitakan akan dluncurkan untuk pasar indonesia, namun hingga saat ini malah spied nya doang. Bukan tidak mungkin yamaha memiliki rencana yang besar terhadap matic premium 250cc nya ini.

Apa itu ? melokalkan produk yang kurang valuable dari sisi harga. Bisa jadi YIMM membidik strategi ini untuk menekan kuat harga Yamaha X-MAX yang jika didatangkan secara CBU akan kurang potensial dan kompetitif secara harga.

Masih ingat dengan NMAX ?? Setelah dilokalkan, harga mampu ditekan dan laris manis. Itulah mengapa rilis resmi X-MAX terkesan ditarik ulur. Strategi ini tentu untuk mengantisipasi kompetitor yang ingin meniru langkah cerdiknya, setidaknya meskipun ingin meniru maka kompetitor masih membutuhkan waktu lebih lama.

Jika memang X-MAX akan dirilis dalam waktu dekat maka yamaha kembali meramaikan pasar yang masih cukup lesu hingga saat ini. Pasar matic premium 250cc saat ini hanya diisi segelintir pemain, sebut saja Benelli dengan matic gambot Zafferano 250 nya. Suzuki juga memiliki Burgman 200, namun tak cukup moncer secara penjualan… pikir OB karena memang desain Burgman nggak banget untuk motor yang dibanderol 50 jutaan :mrgreen:

Bukan tidak mungkin spied Yamaha X-MAX 250 yang sedang dalam tes jalan ini merupakan desain baru untuk pasar indonesia. Bukan tidak mungkin, Yamaha X-MAX 250 ini juga akan diproyeksikan sebagai produk ekspor nantinya, toh NMAX juga sudah membuktikan kapasitasnya baik dalam negeri maupun di luar, kenapa XMAX tidak.

Desain Tail Lamp X-MAX 250 Eropa 2016
Desain Tail Lamp X-MAX 250 Eropa 2016

Dari spied yang beredar, desain tail lamp cukup terlihat futuristik dan dibuat lebih sipit berbeda dengan XMAX 250 yang beredar di eropa saat ini, berbeda dengan kompetitor di kelas yang sama yang kurang variatif. Behel belakang di tempatkan di samping kanan dan kiri boncenger. Untuk peredam kejut, suspensi belakang kemungkinan besar akan mengadopsi double suspensi sama dengan NMAX. Meskipun terkesan gambot, terlihat cukup sporty untuk model Big Bike Skuter Matic 250cc.

Bagaimana dengan dapur pacunya ?? Sepertinya jangan berharap mesin DOHC seperti R25 dan MT25. Untuk X-MAX 250 cukup SOHC 4-klep, bisa jadi juga mengadopsi teknologi VVA seperti halnya NMAX. Untuk ABS, sudah pasti akan disematkan pada matic premium 250cc ini. (Mr. OB)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...