Rossi : Potensi Open Class Sangat Mengesankan

41espargaro_sepang_2014_FEB
Espargaro, Open Class Yamaha, NGM Racing

Pembaca sekalian, tak banyak tim yang berani mengambil resiko dalam sebuah kompetisi. Menjadi pioner dalam kategori baru dalam sebuah kompetisi balap seperti motogp jelas kurang menguntungkan mengingat tim akan berkerja dari nol untuk menjadikan paket motor bekerja lebih baik.

Kategori ‘Open Class’ pada motogp lalu di sepang malaysia bahkan menarik minat tim besar sekelas Ducati meskipun dalam tahap pertimbangan. Di hari terakhir tes pra musim sepang lalu begitu mengejutkan banyak pihak dengan torehan waktu Aleix Espargaro. Berawal dari adanya kategori CRT, nyatanya membuat sebuah perbedaan yang sangat besar dengan paket motor tim pabrikan.

sepang-tes-3

Maklum, secara dana tim pabrikan sangat mampu memenuhi kebutuhan. Nah dengan adanya Open Class, persaingan pun disinyalir semakin panas. Dari hasil tes pra-musim di sepang lalu, A.Espargaro bersama tim ‘Open Class’ berbasis yamaha melesat kompetitif. Open Class memperbolehkan menggunakan mesin pabrikan seperti halnya tim satelit.

Namun terdapat penyesuaian dalam penggunaan ECU ‘kurang canggih’ dimana mengikuti regulasi yang ditetapkan, namun memiliki keuntungan dalam pasokan bahan bakar 4 liter lebih banyak dari tim dilain kategori open class.

Melihat potensi open class yang begitu menarik perhatian, Rossi pun angkat bicara. Pembalap gaek yang berhasil meraih tercepat kedua di sesi pertama dan terakhir tes pra musim sepang malaysia lalu mengatakan ” Saya pikir potensi kelas Terbuka sangat mengesankan . Juga di tes uji coba , Espargaro sangat cepat” namun faktor pembalapnya juga menjadi peran penting menurut the doctor.

Ditanya apakah si vale berminat dengan open class, Rossi sedikit menyangkalnya. Rossi masih memiliki kondisi yang cukup baik bersama motor pabrikannya saat ini, namun tak memungkiri juga ingin mendapatkan aturan yang sama dalam kapasitas bahan bakarnya. (fnc)

______________

Berita Terkait :

No Comments

Kolom Komentar