Race GP Laguna Seca, Marquez Juara, Evaluasi Besar Yamaha M1

duel rossi-marq

Race seri Laguna seca betul-betul porsi yang pas sebagai semangat mengawali hari pertama di minggu ketiga bulan ini. Jika brosis turut menyaksikan siaran langsung GP Laguna seca ini tentu, kepuasan benar-benar didapatkan. Sekali lagi, Marc Marquez memantabkan dirinya meraih podium puncak GP Laguna seca.

Jalannya race yang dilalui marquez tak semulus hasil yang dicapainya. Start diposisi kedua, sempat membuat marquez melorot ke posisi 3 dibelakang Valentino Rossi yang mencoba mendahului Stefan Bradl sejak awal. Sementara itu, Bradl sengan kelebihan setting pas mesin hondanya, ngacir hampir tak tersentuh.

Selang 1 lap berlalu, jarak antara Rossi dan Bradl sudah cukup menunjukkan kerenggangan. Faktor inilah yang membuat Marquez berinisiatif memaksa Rossi memberinya tempat. Memanfaatkan kelebihan RC213V nya, Marquez beradu track lurus sebelum tikungan berbahaya Laguna seca. Pasti tahu kan? Tikungan dimana pernah terjadi duel antara Rossi dan Stoner yang memaksa Rossi keluar lintasan hanya untuk memaksa mendahului Stoner.

Kali ini pun kejadian serupa terulang. Ditukungan ‘S’ tersebut, Marquez dengan cerdiknya menggunakan cara yang sama seperti yang pernah dilakukan Rossi untuk meng-overtake lawan. Nah, bedanya kali ini Rossi yang menjadi korban. So, Rossi dengan segala kekurangan Yamaha M1 dipaksa menyerah. Kans mengalahkan Bradl pun tak didapat Marq dengan mudah. Hingga menembus setengah dari total lap, Bradl terbilang cukup alot untuk dikalahkan the baby alien.

Namun, semangat dan memikul gengsi pabrikan diikuti dengan bekal paket motor yang mumpuni, gap demi gap mampu diperkecil oleh Marquez hingga akhirnya kesempatan menyalip pun datang pada tikungan terakhir sirkuit laguna seca. Dominasi honda yang ditunjukkan Marquez dan Bradl cukup membuat klaim bahwa lawan membutuhkan sesuatu yang ekstra untuk bersaing lebih kompetitif.

m1-lagunaseca-2013

Dominannya penampilan Marq dan Bradl sampai-sampai membuat barisan belakang  di-overlap. Cukup banyak yang dioverlap oleh dua punggawa honda dengan tim berbeda tersebut. Rossi yang pertahan di posisi ke-3 sempat was-was kehilangan podium mengingat dibelakangnya pas ditempel ketat alvaro bautista, namun ketidak konsistenan bautista yang membuat Rossi lebih beruntung kali ini.

Sebuah evaluasi besar diperlukan oleh yamaha untuk kembali lebih kompetitif menantang dominasi honda. Bayangkan dengan satelit honda saja Yamaha M1 tim pabrikan begitu keteteran untuk sekedar bertahan. Apalagi menyalip jelas adalah perkara yang sulit. So, Rossi pun sukses naik podium kesekian kalinya musim ini.

Pedrosa dan Lorenzo yang seri lalu harus absen dibekap cedera cukup beruntung dengan perolehan poinnya yang masing-masing berada diposisi ke 5 dan 6. Bagaimana dengan tim merah Ducati? Hmm, seperti sebelumnya. Ducati kembali ke bentuk awalnya yang masih saja kesulitan berkompetisi di barisan depan. Overall, mantab GP Laguna seca 2013. (fnc)

Hasil Race GP Laguna Seca 2013 :

race laguna seca

Kolom Komentar