Race GP Austin, Marquez JUARA Bertabur Rekor !!

gpaustin_race_2013

Race motogp serie ke-2 yang digelar di Circuit of America, Austin, Texas berjalan cukup monoton. Namun, aksi para pembalap patut diberikan apresiasi mengingat usaha mereka menakhlukkan sirkuit yang berkarakter high speed ini. Namun demikian, Sirkuit Austin turut menjadi saksi mata rekor baru dari pembalap muda berbakat Marc Marquez.

Yup, Marquez resmi menjuarai GP Austin, Texas setelah menundukkan perlawanan senior sekaligus teammate nya Dani Pedrosa. Berbekal kekuatan mesin RC213V, Pedrosa dan Marquez mencoba melesat sesaat start dimulai. Semua pembalap terlihat cukup kesulitan menjelang tikungan pertama yang cukup tajam serta menanjak.

Tak lama, Pedrosa dan Marquez jauh meninggalkan lawan-lawannya dibelakang mereka. Bahkan Juara bertahan 2012 Jorge Lorenzo bersama Yamaha M1 nya dibuat tak berkutik, hal ini dibuktikan dengan GAP setiap lap yang semakin jauh dari duet Repsol Honda.

Marquez yang memiliki keunggulan semenjak latihan bebas dan kualifikasi mencoba tak mengalah dengan menempel ketat Pedrosa sesekali berusaha meng-overtake kala Pedrosa membuka celah. Kesempatan pun datang, disaat pedrosa teledor membuka ruang sisi dalam tikungan, Marquez dengan cepat menyalip Pedrosa. Mengetahui hal tersebut Pedrosa coba menekan Marquez namun tak membuahkan hasil.

GP Austin bisa jadi merupakan motivasi Marquez untuk bangkit sebagai penantang juara bertahan. Sekaligus motivasi marquez untuk memcahkan rekor baru motogp. Ya, rekor juara termuda kelas motogp dan rekor juara pertama motogp di track baru Circuit of America.

Pedrosa yang cukup sadar over limit mengejar Marquez mencoba bermain aman dengan mengamankan podium ke 2, diikuti Lorenzo yang tak berkembang sejak start diposisi ke-3. Rossi yang pada seri pertama membuat kejutan, kali ini tak bisa berbuat banyak dengan finish di posisi ke 6 dibelakang Cal Crutchlow (4) dan Bradl (5).

Ducati dengan pembalap anyar Dovisiozo tak mampu berharap banyak pada hasil akhir, lagi-lagi terlihat sekali problem Desmo GP13 yang masih sama seperti musim sebelumnya. Namun begitu, Dovi sudah mencoba kompetitif bersaing untuk memperoleh hasil lebih baik, namun di lap-lap akhir posisinya semakin melorot kala berduel dengan bautista yang menggunakan mesin honda.

Dari hasil ini, Marquez mantab menggenggam klasemen sementara dengan total 41 poin yang sama dengan Lorenzo namun Jorge melorot ke posisi 2. Fantastic Marquez yang notabenenya sebagai pembalap baru dan muda di motogp. Namun tak cukup disini, pada seri berikutnya baik Lorenzo, Pedrosa, Rossi maupun lainnya akan membuat jalan Marquez merebut tangga juara tak akan mudah. (fnc)

Hasil Race GP Austin, Texas, USA :

RACE_AUSTIN

Kolom Komentar