Pro-Kontra MX King 150, Roda Belakang Sih Sama Tapi Roda Depan Berbeda Dengan NVL dan R15

image

Rasa penasaran akan produk anyar yamaha berlabel nama MX King 150 terus terlintas dalam fikiran, sebagai penggemar MX series masa lampau, ~fn tentu tak puas jika MX King 150 yang sudah lama dinanti tak kunjung sempurna.

Salah satu yang menjadi bahan perbincangan menarik adalah dipertahankannya mengaplikasikan ban kecil untuk MX King 150. Tentu saja akan menjadi aneh brosis, sejatinya MX King 150 sama halnya dengan NVL maupun R15 secara basis mesin dan kapasitas mesinnya. Begitu juga dengan sektor kaki belakang,belakangmenggunakan baik R15, NVL dan MX King 150 menggunakan velg tapak lebar ukuran 3,5 inch dan ban gambot yang sama.

Namun tak demikian hal nya bagian depan. Jika R15 dan NVL mengaplikasikan velg ukuran 2,15″ maka berbeda dengan MX King 150 yang menggunakan ukuran velg depan 1,85″. Jika dibandingkan dengan NJMX tentunya ukuran velg MX king sudah ditingkatkan, namun mengapa tidak disamakan sekalian dengan R15 dan NVL yang menggunakan velg 2,15″ dan ban ukuran 90/80 ?? Malah menggunakan velg tanggung ukuran 1,85″ dan ban kecil 70/90.

Dari analisa model MX King 150, akhirnya ~fn mendapati alasan pas dari pertanyaan tersebut. Faktor utama terkait dengan handling, MX King masih menggunakan kontruksi moped dengan segitiga kemudi tunggal (hanya dibagian bawah) dan juga inner tube MX King 150 lebih kecil ketimbang R15 dan NVL yang berdiameter lingkar lebih besar. Jika MX King dipaksa dijejali velg dan ban lebih besar maka akan berpengaruh signifikan ke handling kemudi yang disinyalir bakal lebih berat untuk pengendara.

Namun jangan berkecil hati bagi pemilik MX King 150, dengan velg 1,85″ anda masih bisa mengaplikasikan ukuran ban maksimal 100/70. Selebih nya dari ukuran tersebut maka kontur ban akan men-donat jika dipaksakan dipakai oleh velg 1,85 dan ukuran segitu bagi ~fn sudah cukup ketimbang harus memaksa beli velg baru yg lebih lebar.(~fn)

10 Comments

Kolom Komentar