Poncharal : Kekuatan Tim MotoGP Ter-Cluster 4 Kategori

Mugello-MotoGP-2016

Perbedaan tim motogp kelas pabrikan memang saat ini memiliki GAP yang luar biasa dalam performa diatas lintasan. Herve Poncharal yang merupakan owner Yamaha Tech 3 bersuara terkait hal tersebut. Bos Yamaha Tech 3 yang sekaligus Presiden IRTA itu menyebutkan bahwa motogp saat itu terkotak-kotak sebaran kekuatannya.

Yup menurut Poncharal, motogp 2016 saat ini terbagi menjadi 4 ketegori diantara A, B dan C. Untuk kategori A sudah dipastikan 2 pabrikan besar Movistar Yamaha dan Repsol Honda. Dua pabrikan besar ini bisa jadi belum akan mendapat persaingan dari pabrikan lain hitungan beberapa tahun kedepan.

Bagaimana dengan Kategori B ?? Menurut Poncharal, tim yang menghuni kategori B ini bisa ditebak adalah tim pabrikan yang sekelas lebih rendah ketimbang Honda dan Yamaha. Yup, Suzuki dan Ducati masuk dalam kategori B ini.

Sedangkan tim satelit saat ini berada dalam kategori C adalah tim-tim satelit seperti Yamaha Tech 3, LCR, ataupun Pramac Racing. Namun menurut FN sendiri masih kurang 1 kategori lagi yaitu kategori D. Kategori D dihuni tim dan pembalap yang sepenuhnya kurang kompetitif meskipun calon tim pabrikan sekalipun seperti Aprilia yang hingga saat ini sulit sekali walau hanya sekedar menembus 10 besar.

Kolom Komentar