Plus Minus Spesifikasi Yamaha MT-15, Desain Lubang Kunci Jok Tak Lebih SMART Ketimbang Aerox 155

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, resmi launching juga motor aneh selanjutnya dari Yamaha indonesia. Jika sebelumnya LEXI yang penulis sebut aneh, kini motor aneh selanjutnya itu bernama Yamaha MT-15. Tampangnya yang nggak biasa, bagi penulis motor ini seperti halnya Xabre yang memiliki segmentasi konsumen yang terbatas. Percaya deh..

Konsepnya begitu Moge Look, namun performanya terbilang standar. Lha.. kok bisa ?

Melihat tampilan MT-15 memang cukup memikat konsumen yang ingin tampil macho dijalanan. Kesannya begitu moge look, mengingatkan penulis pada yamaha Byson yang juga mengusung konsep moge look… laris diawal yang kemudian tenggelam bak terkubur tanah alias nggak laku karena banyak konsumen Byson (sebagai contoh 2 teman kantor) mengeluhkan hal yang sama yaitu powernya lemot tidak sebanding dengan gagahnya..

Jika dibandingkan dengan Byson, tentu byson tidak ada apa-apanya dengan MT-15 dalam urusan desain ataupun performa mesinnya. Namun tunggu dulu, jangan gegabah menyimpulkan karena  kita perlu menilik produk yamaha yang lain yang mana secara platform mesin dicontek habis-habisan alias memang berbagi pakai dengan MT-15… motor itu tak lain adalah Vixion-R dan New R15 yang memiliki platform mesin yang sama.

MT-15 punya mesin berkapasitas 155cc …. mantab !!
MT-15 mengusung teknologi massal yamaha yaitu VVA….. mantab !!
MT-15 mengusung suspensi upside down…. kayak xabre !!
MT-15 pakai swingarm banana… kayak xabre lagi !!
MT-15 pakai rangka deltabox… rangka pasaran sport 150ccnya yamaha !!
MT-15 mengusung teknologi lampu depan LED projie… keren.. pertama dikelasnya !!
MT-15 desain joknya tandem… okelah lebih mengakomodir boncengan lebih nyaman !!

Tapi…. sebegitu kerennya MT-15 ternyata performanya tidak lebih baik dibandingkan Vixion-R. Data spesifikasi MT-15 yang sudah dirilis menyebutkan motor ini mampu menghasilkan power maksimum mencapai 14,2 kW (19,3 PS) dan torsi 14,7 Nm. Power maksimum sebesar 19,3 PS ini tidak ada bedanya dengan Vixion-R pembaca sekalian.

Setelah penulis teliti kembali spesifikasi motor baru sport yamaha ini, velgnya mengusung tapak lebar. Velg depan 2,75 inch dengan ukuran ban 110/70-17. Sedangkan velg belakang memiliki ukuran lebih lebar lagi yaitu 4 inch dengan ukuran ban 140/70-17. Spesifikasi ban yang besar dan velg lebar ini layaknya motor sport dikelas 250cc. Memang keren brosis… ada tapinya lagi karena bisa dipastikan bebannya jadi lebih berat ??

Memang demikian adanya, namun ada fakta menarik menunjukkan dimana bobot total dari MT-15 jauh lebih ringan dibandingkan Xabre. MT-15 memiliki bobot 133 kg sedangkan Xabre lebih berat yaitu 135 kg. Nah adil kan, spesifikasi kaki-kaki bertambah kekar namun bobot totalnya lebih ringan jika dibandingkan dengan Xabre yang terlihat mengusung konsep yang sejenis dengan MT-15. Jadi tentunya secara performa juga lebih powerfull (ketimbang XABRE)…

Namun beda hasilnya jika dibandingkan dengan saudara tuanya yang memiliki platform mesin yang sama. Seperti Vixion-R misalnya yang juga memiiliki output performa yang identik. Dengan power yang sama yaitu 19,3 PS… Vixion-R memiliki keunggulan dalam hal bobot motornya yang lebih ringan 2 kg (131 kg) dibandingkan MT-15.

Dari sini apa yang bisa disimpulkan ? MT-15 sama halnya dengan Xabre150 yang peruntukannya lebih berorientasi STYLE bukan High Performance. Performa yang bisa anda nikmati tentunya dari akselerasinya namun lagi-lagi, sensasi akselerasinya pun tidak lebih baik ketimbang Vixion-R jika menilik dari perbandingan spesifikasi yang ada.

Ke-ANEH-an lain pada Yamaha MT-15

Pertama, Yang penasaran dengan lubang kunci jok MT-15 pasti akan terperangah dengan desain  ala yamaha ini. Penulis sendiri lebih menyebutnya desain ini “Kurang SMART” alias kurang pintar.

Posisi lubang kunci jok Yamaha MT-15 ini sama seperti AEROX 155, namun aerox 155 sedikit ‘pintar’. Dikarenakan tombol pembuka jok AEROX 155 yang utama diposisikan didepan, namun saat accu tekor dan tidak bisa membuka jok, maka cara konvensional baru dilakukan. Lubang kunci joknya ada dibagian bawah tempat duduk… alias dilangit-langit spakbor motor…

Jadi bisa bayangkan betapa repotnya membuka jok tersebut jika menggunakan kunci kontak. Belum lagi saat kondisi hujan, dimana kolong spakbor merupakan tempat bersarangnya kotoran hasil cipratan dari ban belakang.

Desain KURANG PINTAR posisi lubang kunci jok ala AEROX 155 ini ternyata DITIRU oleh Yamaha MT-15. Bedanya MT-15 tidak memiliki tombol pembuka jok didepan seperti halnya AEROX 155. Sehingga mau tak mau, cara konvensional lah yang wajib dipakai saat akan membuka jok Yamaha MT-15.

Kedua, tabung reservoir (tabung pembuangan) air radiator MT-15. Jika tabung reservoir air radiator Vixion series tidak terlihat alias rapih. Berbeda dengan penempatan tabung pembuangan tersebut ala Yamaha MT-15. Posisinya diletakkan dibagian depan mesin diposisi bawah.

Penempatan tabung reservoir MT-15 ini sama dengan posisi tabung reservoir radiator milik Jupiter MX. Secara umum memang tidak masalah, namun posisinya yang berada di bagian bawah akan rawan terjadi benturan yang menyebabkan tabung ini beresiko mengalami kebocoran. Apalagi saat cover engine guard dilepas, maka akan semakin beresiko membentur benda-benda tajam dibagian bawah.

Heran juga, kenapa desain tabung reservoir sport 150cc yamaha yang sejatinya sudah cukup rapih sekarang pada produk Yamaha MT-15 malah dibuat tidak rapih lagi yang tentunya bagi penulis penempatan tersebut mengurangi estetika.

Ketiga, MT-15 terlihat sudah cukup keren untuk motor dengan orientasi STYLE. Teknologinya juga cukup hi-tech dengan keberadaan spido full digital, lampu depan projie hingga lampu senja LED yang didesain mirip mata sebuah robot. Namun yamaha masih mempertahankan lampu bohlam di bagian sein motor yang mana sekali lagi MT-15 terlihat masih mempertahankan model jadul sport yamaha indonesia dimana belum ada yang mengusung model sein dengan teknologi LED.

Kembali kepada kaedah produksi massal “tidak ada produk yang sempurna”, hal itu juga berlaku pada MT-15. Menjadi amunisi tambahan yamaha indonesia memang sah-sah saja, namun saat produk tersebut tak mampu berbuat banyak dipasaran justru akan menjadikan sebagian konsumennya merasa dikecewakan, bagaimana tidak.. kurang lakunya produk andalan misalnya akan berpengaruh langsung pada aftersalesnya nanti. Jebloknya harga jual Xabre tentu menjadi contoh nyata bagi konsumen.. yang berharap jangan sampai hal tersebut terulang pada Yamaha MT-15 ini.

SPESIFIKASI :

Tipe mesin: Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA
Jumlah/posisi silinder: Silinder tunggal
Diameter x langkah: 58,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi: 11,6 : 1
Daya maksimum: 14.2 kW (19,3 PS)/ 10000 rpm
Torsi maksimum: 14.7 Nm/ 8500 rpm
Sistem starter: Elektrik starter
Sistem pelumasan: Basah
Kapasitas oli mesin: Total 1,50 L; Berkala 0,85 L; Ganti filter oli 0,95 L
Sistem bahan bakar: Fuel Injection
Volume Silinder: 155 cc
Tipe Kopling: Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch
Tipe Transmisi: Manual
Pola Pengoperasian Transmisi: 1-N-2-3-4-5-6

Dimensi
P x L x T: 1965 x 800 x 1065 mm
Jarak sumbu roda: 1335 mm
Jarak terendah ke tanah: 155 mm
Tinggi tempat duduk: 810 mm
Berat Isi: 133 kg
Kapasitas tangki bensin: 10.4 Liter

Rangka
Tipe rangka: Deltabox
Suspensi depan: Telescopic Form (Inverted)
Suspensi belakang: Link Monoshock
Ban depan: 110/70-17M/C (54S)
Ban belakang: 140/70-17M/C (66S)
Rem depan: Disc Brake
Rem belakang: Disc Brake

Kelistrikan
Sistem pengapian: CDI/Transistor
Battery: YTZ4V
Tipe Busi: MR8E9

GALERI FOTO :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...