Pasang Sein LED Pada Motor Jupiter MX Dengan Indikator Sein Tunggal

LED Kuning_ LED Biru_ Flasher LED

Kekecewaan berlanjut pada keberhasilan. Itulah yang fnc alami kala dikecewakan dengan pemasangan sein LED pada sebuah bengkel umum di malang. Tekad bulat pun berlanjut dengan mencari referensi yang cukup untuk melakukan sendiri pemasangan tersebut dengan bahan-bahan yang perlu dikumpulkan terlebih dahulu.

Pada dasarnya yang diperlukan oleh pemasangan sein dengan lampu LED hanyalah kepandaian dan kejelian kita memilih flasher yang dikhususkan untuk LED, sehingga masalah tidak bisa berkedipnya sein dengan beban LED yang relatif sangat kecil dibandingkan bohlam sein biasa tidak akan terjadi.

Namun, tak demikian dengan bengkel umum kebanyakan. Apalagi bengkel tersebut tak berpengalaman dalam pemasangan sein LED tersebut. Flasher universal yang dijual oleh bengkel tersebut terbukti membohongi semua konsumennya yang mungkin menginginkan memasang LED seperti yang fnc inginkan. Buktinya, flasher tersebut tetap saja tak mampu membikin kedip lampu LED tanpa beban tambahan.

Nah, itulah mengapa saat itu mekanik men-jumper sein yang sudah dipasang lampu LED dengan lampu sein bawaan motor di bagian depan baik kanan maupun kiri. Harapannya, beban lampu standar yang dijumper tersebut terkoreksi oleh flasher universal itu sendiri. Tapi bagi fnc, ini sih pemikiran yang mau enaknya aja, padahal keinginannya sendiri sih menghilangkan beban bohlam untuk digantikan LED.

Setelah mendapat referensi informasi tentang penggunaan sein LED, fnc pun memutuskan mencari flasher khusus LED. Yup, tak lagi men-toleransi tentang masukan men-jumper lampu LED dengan bohlam biasa, karena akan menjadikan kelistrikan menjadi berbahaya mengingat lampu bohlam yang dijadikan jumper yang penempatannya disembunyikan dengan diisolasi akan menjadi panas jika sering kali sein digunakan.

Fnc pun mencoba kontak salah seorang teman di surabaya yang memiliki referensi penjual LED. Setelah bertemu dengan si penjual, fnc pun memastikan untuk membeli flasher yang benar-benar khusus lampu LED, bukan flasher universal dan sebagainya. Flasher khusus LED sebenarnya dikenal dengan flasher elektronik, perbedaannya dengan flasher biasa bahwa flasher ini memungkinkan mengangkat beban dibawah 1 watt untuk menjadikannya berkedip. Berbeda dengan flasher biasa, dimana jika dipasang lampu LED maka akan terus menyala tanpa berkedip karena kurang nya beban yang mampu ditoleransi.

Selain membeli flasher khusus LED, fnc juga membeli pula lampu LED kuning dan biru. LED kuning untuk menggantikan LED putih yang terpaksa fnc beli pada kisah diartikel lalu, sedangkan LED biru untuk ditempatkan di posisi lampu senja. Khusus untuk LED kuning ini merupakan pembelian paket khusus sein, jadi pembelian 4 buah LED kuning untuk sein ada bonus lampu LED hijau untuk indikator di panel dashboard speedometer.

Saat nya pengerjaan, LED kuning pun akhirnya fnc pasang menggantian LED putih yang ada pada sein kanan-kiri di sisi depan dan belakang. Selanjutnya, flasher universal yang tak berfungsi memuaskan fnc ganti dengan flasher elektronik untuk sein khusus lampu LED, tapi bohlam indikator sein di spidometer tetap menggunakan bawaan motornya.

Saatnya diuji coba, setelah fnc nyalakan lha kok bikin bingung. Tuh sein LED malah nyala bersamaan seperti lampu hazard. Setelah mencari referensi lagi, ternyata permasalahan tersebut terjadi pada motor yang memiliki indikator sein tunggal pada speedometer, layaknya Jupiter MX yang memiliki indikator tunggal. Solusinya bisa lepas tuh lampu indikator yang menggunakan bohlam. Lha kan nggak bisa tahu tuh menyala atau tidak jika tidak memasang indikator??

Yup betul sekali, setelah fnc pelajari berbagai referensi tentang sein LED diberbagai sumber. Terdapat 3 keadaan untuk mengatasi masalah 4 LED nyala bersamaan layaknya lampu hazard.

Kondisi Pertama, Dikarenakan indikator jupiter mx menggunakan indikator tunggal dan user memaksa menggunakan lampu standar maka untuk mengatasinya perlu memutus arus ke indikator (artinya tak perlu menggunakan lampu indikator agar nyala lampu tidak bersamaan) sehingga sein pun bisa menyala di satu sisi kiri atau kanan. Namun perlu menerima konsekuensi, kita tak bisa memastikan sein menyala atau tidak tanpa indikator dengan tidak bisa memantaunya diatas motor.

Kondisi Kedua, Jika ingin tetap memasang bohlam biasa pada indikator tunggal sein yang menggunakan lampu LED, maka solusinya adalah memasang dioda, tepat pada jalur kabel yang mengarah pada lampu indikator tunggal sein pada spidometer.

dioda IN4001

Perhatikan 2  gambar berikut :

indikator_sein_tunggal_standar

 

Diatas adalah skema standar jalur sein yang menggunakan indikator tunggal seperti Jupiter MX, dan dibawah ini adalah skema yang sudah dimodifikasi dengan penambahan dioda pada kabel yang menuju ke jalur indikator spidometer.

 

indikator_sein_tunggal_modif1

Jalur kabel sein dengan indikator tunggal hanya berfungsi sebagai jalur positif pada keduanya (Gambar Skema Pertama), sedangkan funsi bohlam hanya sebagai perantara. Nah, fungsi modifikasi menunjukkan kedua kabel dengan muatan positif tersebut ditambahkan 2 dioda dimasing-masing kabel yang kemudian disatukan untuk difungsikan menjadi output berupa indikator sein, dan jalur satunya pada bohlam dijadikan sebagai jalur negatif. Dengan modifikasi demikian, maka indikator akan tetap menyala tanpa problem dua sisi sein yang menyala bersamaan.

Kondisi Ketiga, keadaan ketiga ini fnc rasa sebagai solusi paling mudah tanpa perlu memodifikasi sedemikian rupa rangkaian pengkabelan yang sudah ada. Syaratnya, adalah tidak mempertahankan menggunakan bohlam standar sebagai indikator sein, melainkan indikator sein diganti juga dengan lampu LED, beres dah.

Sebagai catatan, jika brosis tetap menggunakan modifikasi pada kondisi kedua, namun menggunakan lampu LED maka akan tetap bekerja. Hal ini yang fnc lakukan sendiri, tetap memodifikasi dengan tambahan dioda seperti pada kondisi kedua, namun menggunakan lampu LED sebagai indikatornya. Akhirnya, terbayar sudah ketidakpuasan pengerjaan bengkel dengan kenikmatan mengerjakan sendiri penggantian Sein LED yang fnc lakukan sendiri. Semoga Berguna. (fnc)

_________________

Related Post :

 

 

Advertisements
42 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan