Oh No… General Motors Stop Jualan Chevrolet di Indonesia Mulai Maret 2020

 

Motomaxone.com – General Motors (GM) secara resmi menyatakan akan menghentikan penjualan mobilnya di indonesia. Terhitung tahun depan dibulan ketiga, Maret 2020. GM yang dalam hal ini mengusung nama Chevrolet menjadi merk kedua asal pabrikan AS yang mundur dari persaingan penjualan mobil di indonesia setelah Ford yang mundur pula di tahun 2016 silam.

Oh No… General Motors Stop Jualan Chevrolet di Indonesia Mulai Maret 2020

Seperti dikutip dari CNN yang mendapatkan rilis resmi terkait penghentian penjualan tersebut. GM masih akan tetap memberikan layanan  purna jual dan garansi buat konsumen. Keputusan itu tentu sebagai kompensasi terhadap konsumen Chevrolet di Indonesia.

Keputusan itu memang berat. Namun seperti yang disampaikan dalam rilisnya, semua hal sudah dipertimbangkan secara menyeluruh dari berbagai aspek rencana bisnisnya termasuk keputusan untuk berhenti jualan di indonesia.

Keputusan GM untuk berhenti jualan mobil Chevrolet di pasar indonesia rupanya disebabkan oleh strategi global dari GM sendiri. Strategi yang hanya fokus pada pasar yang memiliki jalur yang jelas yang berorientasi pada keuntungan yang berkesinambungan, tutur Hector Villareal yang menjabat sebagai President GM Asia Tenggara.

Mereka akhirnya mengakui, disini (indonesia) mereka tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungan berkesinambungan tersebut. Faktor yang juga membuat kegiatan operasional menjadi terpengaruh oleh faktor yang lebih luas di indonesia.

Seperti diketahui, GM di indonesia hanya menjual produk bermerk Chevrolet. Padahal secara global GM juga memiliki andil menjadi produsen untuk produk-produk yang laris seperti Wuling, Opel dan banyak lagi lainnya di 37 negara.

Keputusan General Motors ini memang cukup mengejutkan dan merugikan banyak pihak di indonesia. Terutama konsumen Chevrolet bahkan sampai karyawan mereka yang sudah dipastikan akan kehilangan pekerjaan. Namun untuk mempersiapkan itu semua GM sudah berkomitmen tetap mengakui keberlakuanb seluruh jaminan kendaraan dan memberikan layanan purna jual. Dan tetap melayani konsumen yang akan melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan Chevrolet di semua outlet resmi di seluruh indonesia. Btw, apakah  GM juga menggaransi mobil konsumen nya bisa dijual kembali ke mereka dengan harga normal ya ?

Kolom Komentar