Mudahnya Mengubah Nada “Answer Back System” Honda Scoopy

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, satu lagi armada motor yang hadir di garasi rumah. Dialah Honda Scoopy. Meskipun bukan skuter matik dilevel termahal dijajaran motor Honda, skuter ini sudah dilengkapi dengan remote meskipun masih menggunaan kunci kontak fisik layaknya si CB150R Stallion Black.

Mudahnya Mengubah Nada “Answer Back System” Honda Scoopy

Fungsi remote di Honda Scoopy sendiri ada 3. 2 tombol berfungsi untuk alarm, dimana tombol SET maksudnya disini untuk mengunci motor dalam mode alarm ON. UNSET berarti menonaktifkan alarm dalam mode OFF. Sedangkan tombol paling bawah berfungsi sebagai Answer Back System.

Fungsi yang terakhir itu bermanfaat untuk mode pencarian kendaraan. Misalnya di parkiran motor yang begitu banyak motor sejenis berada disitu. Maka tombol Answer Back ini berfungsi memanggil si motor hingga merespon dengan menjawab panggilan tersebut dalam bunyi beep.

Tidak banyak yang tahu ternyata bahwa bunyi beep dari Answer Back System ini bisa dirubah. Terdapat 3 pola beep yang bisa dipilih oleh pemiliknya sehingga bisa berbeda dibandingkan pemilik scoopy yang lain. Bagaimana caranya ?

Paling mudah adalah pergi ke bengkel Ahass untuk meminta bantuan mekanik untuk menggantinya. Hal itu bisa dilakukan bila anda sendiri tak ingin repot mengutak atik sana sini.

Namun terdapat cara yang lebih mudah lagi. Tidak perlu pergi ke bengkel. Kita bisa melakukannya sendiri dimanapun kita berada saat bersama si Scoopy tersebut tentunya.

Langkah pertama, pastikan anda memiliki Honda Scoopy yang dimaksud. Bukannya apa, percuma juga mengikuti langkah ini kalau anda sendiri tak memiliki motornya :mrgreen:

Langkah kedua, masukkan kunci kontak motornya terlebih dahulu. Putar kunci kontak tersebut ke arah ON, kemudian tekan tombol “Answer Back System” nya sebanyak 3 kali kemudian putar kunci kontak kearah OFF.

Langkah ketiga, ulangi langkah kedua tersebut sebanyak 4 kali. Bila yang anda lakukan benar maka indikator lampu merah pada dashboard panel speedometer akan menyala (tanda bahwa nada beep nya siap untuk diubah).

Langkah keempat, untuk mengubah pola nada beep nya maka tekan tombol Answer Back nya kembali. Maka anda akan mendengar tiga model nada berbeda.

Langkah kelima, bila sudah menentukan pilihan nada beep mana yang anda pilih maka matikan kunci kontak (ke arah OFF). Dengan demikian nada tersebut sudah otomatis tersimpan oleh sistem.

Nah kini nada beep answer back system motor scoopy anda sudah berubah dan siap untuk dicoba. Yakin, pasti akan berbeda dengan kebanyakan motor scoopy yang lain karena kebanyakan pemilik tidak akan mengubah nada tersebut. (red)

Kolom Komentar