MotoGP Red Bull Grand Prix Of The Americas 2022, Enea Bastianini & Ducati Gresini Menang Lagi !!

YAMAAF

Motomaxone.com – Red Bull Grand Prix of Americas (MotoGP America) memberikan suguhan menarik meskipun tak cukup spektakuler. Yang penting untuk menjadi catatan kali ini adalah kemenangan kedua Enea Bastianini di MotoGP 2022.

Enea Bastianini kembali memberikan kemenangan untuk Ducati Gresini Racing MotoGP setelah dengan elegan mengambil alih kepemimpinan balapan dari seniornya di tim utama Ducati, Jack Miller.

Awal balapan memang terlihat cukup membosankan. Aksi turing dari para pembalap yang menggunakan motor Ducati sempat terjadi. Jack Miller, Enea Bastianini, Jorge Martin hingga Johann Zarco. Empat pembalap penunggang Ducati itu sempat mendominasi jalannya balapan terutama dipersaingan grid utama.

Namun Alex Rins memberikan kejutan. Pembalap Suzuki Ecstar itu tampil cukup kompetitif bersama Enea Bastianini dibelakang Jack Miller. Hingga beberapa lap terakhir, Rins turut mencuri peluang dengan menggeser Jack Miller ke posisi 3. Alex Rins pun sukses menjadi runner-up posisi kedua di GP America kali ini.

Tak kalah menarik dengan persaingan posisi juara seri GP America. Persaingan ketat pun terjadi di grid 2 hingga 3. Adalah Marc Marquez yang menjadi sorotan. Meskipun gagal naik podium. Marquez cukup kompetitif pada balapan Red Bull GP America ini. Dari start diposisi 24 hingga belokan pertama… kemudian bertahan di posisi ke 10 hingga merangkak naik ke posisi 6. Dengan susah payah. Pasca cedera matanya.

 

Meskipun tak mencicipi podium, tim HRC Repsol Honda sepertinya cukup puas dengan perform Marc Marquez. Pasca membaik dari masalah Diplopia (gangguan saraf mata), Marquez membuktikan diri masih cukup layak di MotoGP. Setidaknya, kali ini dia bahkan tampil lebih baik dari rekan setimnya Pol Espargaro. Juga lebih baik dari Juara seri GP Argentina Aleix Espargaro yang sempat disalip dipertengahan balapan.

Duel seru Marquez dan Quartararo juga tersaji untuk berebut posisi finish ke 6. Marquez yang mengasapi Zarco dan Martin, kembali mengincar posisi Quartararo. Alhasil usaha itu berhasil, meskipun sempat saling salip menyalip. Posisi 6 itupun layak untuk usaha maksimal Marc Marquez saat ini.

Pecco Bagnaia dari tim utama Ducati harus puas di posisi 5. Penampilannya terlihat kurang kompetitif. Berbeda jauh dengan Jack Miller atau Enea Bastianini. Bagnaia juga kalah dari Joan Mir yang menempati finish di urutan ke 4.

GP America kali ini didominasi oleh Ducati dan Suzuki. Honda dan Yamaha tak cukup tampil baik meskipun cukup menghibur di persaingan posisi keenam.

Kemenangan Enea Bastianini tentu membuat gembira publik Italia, tak terkecuali sang mentor pemilik nomor keramat 46. Lagu kebangsaan itu kembali menggema di kejuaraan balap MotoGP. Lagu yang dulu juga sering terdengar, kala masa kejayaan si legenda Valentino Rossi. (F4)

HASIL AKHIR MOTOGP RED BULL AMERICA
POSISI PEMBALAP STATUS
1 E. Bastianini Running
2 Á. Rins Running
3 J. Miller Running
4 J. Mir Running
5 F. Bagnaia Running
6 M. Márquez Running
7 F. Quartararo Running
8 J. Martín Running
9 J. Zarco Running
10 M. Viñales Running
11 A. Espargaró Running
12 B. Binder Running
13 P. Espargaró Running
14 T. Nakagami Running
15 F. Morbidelli Running
16 A. Dovizioso Running
17 L. Marini Running
18 M. Oliveira Running
19 R. Fernández Running
20 R. Gardner Running
21 F. Di Giannantonio Running
22 D. Binder Running
23 Á. Márquez DNF
24 M. Bezzecchi DNF

 

Kolom Komentar