MotoGP Motegi, Lorenzo Dominasi Balap Motegi, Marquez Mainkan Strategi Bertahan

wpid-lorenzo__original.jpg

Pembaca sekalian, berlanjut lagi sesi kelas utama motogp tak ubahnya 2 kelas sebelumnya. Persaingan di papan klasemen dan juga dilintasan sama serunya menjelang musim kompetisi berakhir.

Kelas motogp yang 2 hari lalu selalu diganggu cuaca buruk tak mendapat masalah yang berarti hari ini. Yup, cuaca race hari ini berlangsung cerah dengan mengaplikasikan setup kering dari sesi latihan bebas sebelumnya. Lorenzo yang mengawali start di posisi pertama langsung tancap gas sejak lampu hijau menyala.

Tak hanya itu, bahkan Lorenzo secara dominan mempimpin jalannya race hingga menyentuh garis finish. Diperebutan posisi belakang lorenzo cukup seru dengan kejutan rossi yang tiba2 mengamankan posisi 2 sementara.

Bahkan kans marquez yang berusaha meraih poin penting di motegi menjadi terganggu. Beberapa lap berjalan, Rossi yang berada diposisi 2 membuat kesalahan dengan melebar dari lintasan. Hal inilah yang dimanfaatkan marq dan pedrosa mengambil alih. Tak hanya itu, rossi kembali membuat kesalahan yg sama ditempat yang pula hingga di overtake banyak pembalap dibelakangnya.

Baik marq dan pedrosa berusaha kuat mengeksplore kekuatan rc213v sampai batas maksimal. Alhasil sedikit mengecewakan bagi pendukung barisan honda. Alih2 menyalip lorenzo, marq bahkan 2x sedikit melebar kehilangan kendali akibat terlalu memaksa mengejar Lorenzo.

Bagi fnc yang melihat live motogp di televisi mengacungi jempol racikan yamaha m1 yang begitu cepat setiap keluar dari tikungan. Hal ini mungkin disebabkan oleh penggunaan karakter ban yang berbeda dibandingkan marq dan pedrosa. Disaat marq dan pedrosa menggunakan compound ban belakang soft, Lorenzo malah memilih ekstra soft.

Banyak yg beranggapan startegi yamaha sedikit keliru karena membuat compound ban lebih cepat habis. Yup benar, tapi kelebihannya Lorenzo akan lebih mudah mendapatkan grip dengan memakai eksta soft. Dengan ekstra soft memberikan kelebihan ban akan mencengkeram lebih kuat ke permukaan aspal meskipun lbh cepat habis.

Meraih garis finish, Lorenzo memastikan diri meraih juara seri motegi diikuti marquez dan pedrosa di posisi 2 dan 3. Sebuah pilihan bijak bagi Marquez untuk memilih aman bertahan diposisi kedua. Dengan hasil ini selisih poin antara marq yg memimpin klasemen sementara dengan Lorenzo terpaut 13 poin.

Artinya butuh sempurna podium 1 di akhir seri musim gp valencia untuk Lorenzo jika ingin tetap di jalur perebutan gelar meskipun memang cukup berat.

Begitu juga dengan Marquez, selisih 13 poin dengan lorenzo harus dimanfaatkan marq dengan melatih kesabaran dan menghindari kesalahan sedikitpun. Meskipun Lorenzo menjuarai gp valencia nantinya, dibutuhkan minimal posisi 4 finish bagi marquez untuk mengunci gelar juara dunia di seri terakhir tersebut. (fnc)

Hasil Race MotoGP Motegi :

motegi race

2 Comments

Kolom Komentar