MotoGP Misano, Seamless Gearbox Antarkan Lorenzo Raih Podium

99lorenzo

MotoGP Seri Misano baru saja usai. Jika sebelumnya, Yamaha selalu saja kesulitan menghadapi kekuatan Honda, tapi tidak untuk GP Misano kali ini. Secara dominan, Lorenzo  tak tersentuh sejak awal start hingga menyelesaikan 28 lap secara keseluruhan.

Jalannya balapan sebenarnya cukup seru, diawali dengan melesatnya Lorenzo dengan Yamaha M1 yang dibekali Seamless Gearbox membuat andalan pabrikan yamaha ini semakin cepat memimpin didepan. Rossi yang seharusnya bisa berbuat banyak, sedikit terganggu diawal tikungan karena aksi jump start Espargaro yang sedikit banyak menghambat ruang gerak vale Rossi.

Dibelakang Lorenzo, Pedrosa pun turut ambil bagian mendapat keuntungan dalam hal kemampuan start yang cukup baik, tercatat cukup lama pedrosa berada diposisi ke-2. Marquez yang digadang-gadang bakal kembali bertarung seru berebut posisi podium pertama sempat mengalami kesulitan sehingga harus berada diposisi ke-4 dibelakang vale Rossi.

lorenzo lead

Perlahan namun pasti, dipertengahan balapan Marq secara konsisten mencatatkan waktu lebih baik disetiap lap nya.  Konsisten dengan laptime nya akhirnya Marq memaksa Rossi untuk memberikan posisi ke-3 nya setelah aksi overtake Marq yang cukup agresif memaksa masuk dibagian dalam tikungan. Tak berhenti disitu, Marq secara pasti berhasil menyusul Pedrosa yang cukup jauh didepan. Aksi saling menyalip ditunjukkan oleh dua punggawa Repsol Honda ini hingga akhirnya dimenangi oleh pembalap debutan motogp ini.

Lorenzo yang cukup jauh memimpin jalannya balapan rupanya ingin bermain aman dengan terus menggeber Yamaha M1 nya melaju cepat tak terkejar. Jelas, kesuksesan Yamaha menerapkan seamless gearbox ini menjadi ancaman serius bagi Repsol Honda dan Marquez yang secara poin saat ini menjadi kandidat kuat peraih gelar Juara Dunia MotoGP 2013. Jika Repsol Honda meremehkan peta kekuatan Yamaha kali ini bukan tidak mungkin di seri berikutnya kemenangan yamaha bakal berlanjut. Tapi seperti yang fnc prediksikan sebelumnya, karakter Misano yang mirip dengan Silverstone yang juga dimenangi Lorenzo menjadi poin tersendiri mengapa Lorenzo menang mudah di sirkuit berkarakter pendek dan banyak tikungan ini. Seamless Gearbox ala Yamaha harus kembali dibuktikan beradu dengan versi honda di sirkuit cepat yang menjadi favorit RC213V. (fnc)

misano race

No Comments

Kolom Komentar