MotoGP : Aleix Espargaro Raih "Best Lap" dari Gabungan Free Practice, Keanehan Berlanjut…. Jajaran Pembalap Unggulan Sulit Catatkan Waktu Terbaik

41espargaro_qatar2014

MotoGP seri Mugello menyisakan keseruan kompetisi balap nomor satu dunia di tahun 2014. Namun kini, para pembalap bersiap untuk berduel kembali namun dalam lintasan sirkuit berbeda. GP Catalunya 2014 bakal digelar minggu ini loh, patut untuk diikuti akan persaingan seru antara dua pembalap dari Honda dan Yamaha.

Latihan bebas sesi 1 dan 2 GP Catalunya resmi digelar kemarin malam, alhasil diluar dugaan. Dari 2 sesi free practice, Aleix Espargaro membukukan waktu terbaik dari semua pembalap dengan catatan waktu 1’41.672. Catatan Aleix Espargaro ini merupakan catatan waktu terbaik sepanjang FP1 dan FP2 digelar. Aleix Esp bahkan membukukannya di latihan bebas pertama.

Pada FP1, waktu terbaik yang diraih Aleix membukukan GAP 0,729 detik dari urutan kedua Jorge Lorenzo. Sedangkan Iannone kembali memberikan kejutan dengan nangkring tuh di posisi 3 dengan selisih waktu 0,751 detik lebih lambat dari Aleix Espargaro. Sedangkan 2 pembalap terbaik lainnya yaitu Rossi, Marquez dan Pedrosa masing2 berada di posisi 4, 7 dan 6.

Hasil pada FP1 berbeda dengan FP2 secara keseluruhan. Ada yang mengalami peningkatan dalam catatan waktu yang dicapai, namun tak sedikit pula yang malah melorot catatan waktunya. Seperti Aleix Espargaro misalnya, menjadi yang terbaik hingga tak tersentuh pembalap lain di FP1 tak menjadikan keberuntungan bagi nya untuk berlanjut di FP2. Aleix Esp bahkan mencetak waktu lebih buruk yaitu 1’43.198 dan menempati posisi ke-12.

Bradley Smith yang sempat terseok di FP1 pada posisi-13 bahkan menjadi terbaik di FP2 dengan torehan waktu 1’42.123. Tak hanya Smith yang mengalami peningkatan. Bradl, Marquez, Lorenzo, Pol Espargaro yang berurutan dari posisi 1 s/d 5 besar. Sedangkan Rossi melorot 2 peringkat yaitu ke posisi 6 padahal sebelumnya mampu menembus catatan terbaik ke-4.Bukan hanya posisi yang mengalami penurunan, namun Rossi juga mengalami penurunan di catatan waktunya. Tercatat, Rossi malah lebih lambat 0,206 detik dari catatan waktu nya di FP1.

FP GP Catalnunya

Nah apa nih yang aneh? Jika pada seri Mugello, Marquez dirumorkan terkesan bermain-main untuk meningkatkan rating hiburan motogp, kali ini di GP Catalunya para pembalap unggulan terlihat begitu sulit meraih catatan waktu terbaik hingga harus menyerah dari pembalap tim satelit dan Open Class.

Walaupun demikian, meskipun para pembalap unggulan tak sekalipun mencatatkan waktu terbaik pertama di FP1 dan FP2, besar kemungkinan para pembalap unggulan akan membalikkan keadaan di FP3 dan Sesi Kualifikasi jika melihat tren positif peningkatan catatan waktu mereka dari FP1 ke FP2 kecuali Rossi yang malah meraih hasil lebih jelek dibandingkan latihan bebas sebelumnya. (fnc)

_____________

Related Post :

2 Comments

Kolom Komentar