GEAR

MotoGP 2022 : Petronas SRT Berganti Nama RNF Racing, Dovizioso menjadi Tandem Rossi Kali Ini

Motomaxone.com – Petronas Yamaha SRT. SRT sendiri merupakan singkatan dari Sepang Racing Team. Tim balap asal malaysia yang tahun 2021 ini masih mengusung bendera petronas akan resmi undur diri seiring mundurnya Petronas sebagai penyokong dana tim tahun depan (2022).

Diketahui, Petronas sejatinya berinvestasi besar-besaran dimana mampu mendanai operasional tim balap di tiga kelas berbeda yaitu Moto3, Moto2 dan MotoGP. Namun upaya Petronas itu akan terhenti tahun 2022 mendatang. Hal ini berdampak pada tim dikelas Moto2 dan Moto3 yang terpaksa dibubarkan.

Namun tidak untuk tim yang ada dikelas MotoGP. Sepang Racing Team dibawah pimpinan Razlan Razali bakal tetap melanjutkan kontrak untuk tampil diajang kompetisi MotoGP selama 5 tahun kedepan.

Keikutsertaan kembali Razali bersama tim di tahun 2022 secara resmi diumumkan dimana nama tim tersebut tidak lagi mengusung nama SRT lagi. Sebagai gantinya, Razali dan tim akan menggunakan nama baru “RNF RACING”

Status tim nya sendiri tidak lagi bertindak sebagai Tim Satelit pabrikan. Melainkan berstatus tim Independen dengan tetap menunjuk Razali sebagai pemimpinnya di tim principal.

Sepang Racing Team bekerjasama dengan Petronas sejak tahun 2018 lalu, yang kemudian menciptakan tim Moto2 dan Moto3 dengan label tim Petronas Sprinta Racing. Di tahun 2019, kerjasama tersebut berlanjut dengan memberanikan diri menjadi sponsor utama tim satelit Yamaha dikelas MotoGP dengan nama Petronas SRT Yamaha.

Dua pembalap pertama mereka dikelas MotoGP adalah Franki Morbidelli dan Fabio Quartararo. Duet pembalap muda ini benar-benar menarik perhatian tim Yamaha pabrikan. Pasalnya Morbidelli sukses menyabet posisi runner-up dibawah Joan Mir yang keluar sebagai juara dunia motogp 2020.

Musim 2021, lineup pembalap berubah. Tukar guling dengan tim pabrikan Monster Yamaha. Tim pabrikan memecat Valentino Rossi untuk dibarter dengan Quartararo. Sedangkan Rossi sendiri dilengserkan dari pembalap tim pabrikan menjadi pembalap tim satelit Yamaha menemani Franki Morbidelli.

Musim 2022 mendatang, tidak lagi kita temui Petonas SRT dijajaran tim peserta MotoGP. Nama itu berganti menjadi RNF MotoGP Racing. Hanya berbeda label nama saja namun komposisi timnya tidak berbeda.

Berkhianatnya Vinales dikubu tim Pabrikan Yamaha, membuat Yamaha memecatnya secara sepihak. Penggantinya sudah ditetapkan. Rekan setim Quartararo saat di Petronas SRT Yamaha yaitu Franko Morbidelli.

Sebagai pengganti Morbidelli di tim Petronas SRT saat ini, tim SRT menunjuk pembalap kawakan Andrea Dovizioso untuk menjadi tandem Valentino Rossi hingga akhir musim 2021.

Hadirnya RNF Racing sebagai tim independen di kompetisi MotoGP 2022 akan menjadi seru kembali. Meski bertindak sebagai tim independen, namun sudah dipastikan tim baru yang dikepalai Razlan Razali ini akan menggunakan motor Yamaha M1 dengan spesifikasi yang sama dengan tim pabrikan.

Rossi diketahui sudah memutuskan pensiun tahun depan, tapi Andrea Dovizioso masih akan memperkuat tim baru RNF Racing ini. Belum ada kepastian lebih lanjut, siapa yang akan menjadi tandem  Dovizioso tahun 2022 nanti. (red)

Kolom Komentar