MotoGP 2012, Persiapan dan Peluang !!

Setelah sekian lama menanti hadirnya tontonan bergengsi balap motogp, akhirnya waktu tersebut datang juga. Yup, beberapa jam lagi GP Qatar akan berlangsung. MotoGP seri pertama tahun 2012 ini tentunya mengisahkan banyak hal, mulai banyaknya perubahan regulasi maupun kapasitas mesin yang digunakan.

Semenjak berakhirnya Motogp kelas 800cc di Valencia tahun lalu, banyak penggemar motogp ingin mendapatkan suguhan balapan yang menarik. Tak hanya adu cepat saja, melainkan tontonan overtaking antar pembalap merupakan hal yang sangat menghibur tentunya.

MotoGP 800cc dianggap banyak pihak merupakan kelas yang menjenuhkan. Pasalnya, gengsi yang terdapat pada gelaran balap ini disebabkan oleh faktor pembalap. Sedangkan faktor penentu kemenangan terletak pada teknologi motornya.   Bahkan banyak yang setuju bahwa 10 besar terbaik di motogp adalah yang terbaik didunia.

Melalui jajak pendapat yang dilakukan media online crash,  81% dari responden setuju bahwa jika melihat ke belakang, beralihnya kelas ke 800cc pada tahun 2007 adalah ‘kesalahan besar’, sedangkan 73% merasa bahwa perubahan kembali ke kapasitas yang lebih besar akan meningkatkan tontonan menarik pada 2012.

So, kesimpulan yang bisa ditarik dari ajang balap motogp adalah barang siapa yang mendapat paket motor berkualitas dan kompetitif  maka peluang untuk men-juara-i turnamen tersebut semakin terbuka lebar. Lagi-lagi faktor utama berkaitan pada peralatan(teknologi), sedangkan bakat menduduki porsi dibelakang.

Diharapkan, dengan kembalinya kelas 1000cc ini mampu mendongkrak menariknya tontonan berikut juga kompetisi antar pembalap semakin merata. Namun, bila melihat dari hasil tes pra-musim bisa jadi dominasi tak beranjak dari tim utama pabrikan besar honda dan yamaha. Semoga para pembalap lainnya mampu memberikan tontonan segar, sehingga antusiasme akan motogp tahun ini semakin meningkat. Semoga. (fnc)

Kolom Komentar