Monoshock YSS For Yamaha BlueMX T135 [Part 1]

DSC0048

Memiliki sebuah tunggangan motor tentu kita semua menginginkan kondisi si kuda besi begitu prima. Yup, untuk parameter ini nilai nya harus mutlak tak bisa ditawar-tawar lagi. Jika mengalami masalah, tentunya kita sebagai pengendara yang mengalami dampak ketidaknyamanannya. Iya kalau fungsinya tak begitu penting, kita bisa saya menghiraukannya. Namun saat fungsinya begitu krusial yang berhubungan dengan keamanan berkendara tentunya harus menjadi prioritas.

Motor kesayangan BlueMX saat ini berumur 7 tahun kurang, berbagai upaya fnc usahakan agar kondisi si motor satu-satunya ini layaknya seperti baru. Cukup lama hingga akhirnya gejala ketidaknyamanan muncul dari monoshock Jupiter MX keluaran 2007 ini.

Tak seperti teman-teman di forum Jupiter MX yang sekejap mengganti monoshock ori dengan monoshock aftermarket, fnc lebih mempertimbangkan efisiensi biayanya. Sejauh bisa digunakan dan berfungsi dengan baik ya tak akan fnc ganti. Hingga akhirnya pada tahun ke 6 lalu, fnc merasakan ada yang aneh.

DSC0046

Saat terlalu rebah kala melibas tikungan tiba-tiba bagian ekor sedikit tak terkendali. Wah, ada masalah dengan monoshocknya ini. Sempat konsultasi dengan mekanik yamaha dan cek, kondisi nya masih baik mengingat tidak adanya rembesan oli shock itu sendiri. Namun, tetap saja jadi kurang nyaman. Tepat minggu lalu akhirnya sampai pada titik ke-aus-annya. Reboundnya terlalu empuk dari seharusnya, mengisyaratkan oli shock berkurang.

Dan benar saja, sepulangnya dari kerja fnc lihat tuh monoshock originalnya. Wah, pantas saja sangat tidak nyaman. Rupanya oli shock nya sudah berhamburan keluar. Untuk sementara biarkanlah sembari mencari referensi monoshock pengganti. Dipasaran banyak monoshock aftermarket yang ditawarkan. Beberapa brand ternama ada produk YSS dan KTC, hari minggu lalu yang memang libur kerja fnc gunakan untuk  plesiran ke malang kota cari2 produk yang pas.

yss shop

Berniat membeli YSS atau KTC di bengkel  langganan, ternyata YSS stok kosong sedangkan KTC tidak menyediakan, yang ada saat ini adalah merk ‘YOKO’. Lihat bentuknya cukup keren, dengan model selang adjustable macam angin atau oli ya isinya. Namun berhubung bukan referensi awal ya anggap saja ‘OUT OF THE BOX’.

Lanjut keliling lagi ke tempat agen resmi KTC, ternyata juga kosong begitu juga dengan YSS. Dibeberapa bengkel lain pun juga sama, stok keduanya kosong. Ya sudahlah, lanjut lagi hingga akhirnya melihat sebuah bengkel terpampang spanduk TDR dan juga YSS. Tanya2 tentang KTC, ternyata tidak tersedia di bengkel tersebut sedangkan YSS tersedia.

Iseng2 tanya harga nya, dibengkel ini Monoshock YSS Jupiter MX dibanderol Rp. 495.000. Wah sedikit lebih mahal dibanding bengkel2 sebelumnya yang fnc kunjungi dimana harga nya sekitar 460-470 ribu. Yah, akhirnya beli aja dah berhubung kebanyakan stok di banyak bengkel pada kosong semua. Salah satu pertimbangan model monoshock YSS ini adalah adanya setting rebound nya yang bisa diatur keras atau lembut, berbeda dengan original yang banyak dikeluhkan terlalu empuk hingga sering kali berefek ambles kala dipakai berboncengan. (fnc)

_______________

Berita Terkait :

18 Comments

Kolom Komentar