Modifikasi CYUBI Honda CB150R SF Stallion Black, Pasang Cover Radiator Original CBR150R PNP Terhindar Dari Penyok !!

Motomaxone.com – Tunggangan baru admin yaitu Cyubi CB150R Stallion Black secara bawaan memang tidak dilengkapi dengan yang namanya cover radiator. Cover radiator bagi admin sangat diperlukan untuk unit motor yang baru kita beli dan kebetulan sudah mengusung sistem pendinginan dengan radiator (liquid cooled).

Jadi INGAT !! Saat membeli motor dengan sistem pendingin radiator khususnya yang terletak di bagian depan seperti motor sport atau bebek sport, perlu kita membelikan terlebih dahulu cover radiator untuk keamaan jangka panjang dari pemeliharaan radiator itu sendiri.

Jadi mumpung belum ada bagian dari kisi-kisi radiator yang penyok, admin belikan terlebih dahulu cover radiator untuk si Cyubi. Disini admin memang cukup ketat menyeleksi model cover radiator yang akan digunakan. Karena menurut admin, sekali beli bagus lebih baik ketimbang gonta-ganti cover karena memilih harga murah namun malah secara kualitas menyedihkan.

Dipasaran banyak sekali dijual cover radiator untuk si Cyubi CB150R Streetfire. Ada yang harganya 30 ribuan hingga ratusan ribu. Yang harganya murah, admin pastikan secara kualitas ya kebanyakan murahan. Seperti menggunakan plat terlalu tipis atau malah lubang cover radiator terlalu tertutup. Padahal cover radiator yang baik harusnya tidak menghambat laju udara yang berhembus ke kisi-kisi radiator.

Nah dari sekian banyak model cover radiator untuk CB150R Streetfire, admin menjatuhkan pilihan terbaik ke cover radiator asli milik honda berlabel honda genuine accessories. Saat admin telusuri, ternyata genuine aksesoris honda untuk cover radiator CB150R hanya tersedia warna merah. Wah nggak cocok dong dengan warna stallion black si CYUBI.

Pucuk dicinta ulam tiba, setelah mencari-cari warna sesuai ternyata cover radiator genuine aksesoris milik CBR150R bisa digunakan di honda CB150R. Warnanya juga match dengan warna Stallion Black CYUBI yaitu Silver. Masih cocok lah ketimbang warna merah. Pencarian barang pun dimulai…

Admin menanyakan ke beberapa diler resmi honda di area malang, ternyata cover radiator CBR150R yang dimaksud ready lho. Saat admin tanyakan harganya, mereka menjawab 300 ribu, busyet dah….. usut punya usut ternyata untuk membeli genuine aksesoris seperti cover radiator ini harus sepaket seharga 300 ribu. Dapat cover radiator, tank pad, engine guard dsb. Namun setelah admin pikir-pikir, admin gak butuh aksesoris lainnya, yang admin butuhkan hanya cover radiator untuk saat ini. Coba nego-nego ternyata tetap gak bisa beli satuan, ya sudahlah. Wong memang ketentuannya seperti itu jadi gak bisa maksa juga hehehe….

Pencarian berlanjut di mode online, yakin banyak yang jual. Namun saat melihat harga satuan genuine aksesoris cover radiator CBR150R ini bikin panas dingin. Ada yang membanderol 200 ribu cuma untuk cover radiatornya doang. Ada yang menjual 130 ribu. Namun admin akhirnya menemukan penjual yang menjual cover radiator CBR150R dengan harga pas, cukup keluarkan dana 80 ribu untuk membeli cover radiator asli honda genuine CBR150R. Wah lumayan terjangkau nih harganya…

Saat membeli kebetulan ada teman yang ingin beli item serupa, ya sudah admin nunut aja sekalian include dengan ongkir. Setelah barang sudah datang sore hari, admin langsung pasang malam harinya setelah mengganti ongkos barang dan ongkir ke teman yang bersangkutan.

Material cover radiator CBR150R genuine aksesoris honda ini memang diluar ekspektasi. Admin kira materialnya dari logam seperti aluminium CNC seperti yang dijual dipasaran aftermarket, namun ternyata tidak. Material cover radiatornya dari plastik seperti body motor, tapi tidak murahan karena saat admin amati memang cukup tebal. Pemasangan kawat kasa sebagai cover pelindung radiatornya pun sangat rapih, nggak kaget wong memang buatan pabrikan besar.

Disamping kanan dan kiri di sisi belakang, terdapat busa agar saat menempel bagian tepi radiator tidak memberikan cacat ke radiatornya ataupun merusak covernya.

Meskipun ini adalah cover radiator CBR150R, pemasangannya ternyata Plug N Play (PNP) ke Cyubi CB150R Streetfire. Dikemasan cover radiator genuine honda ini kita mendapatkan 1 cover radiator, kertas petunjuk pemasangan, 2 baut dan 2 mur.

Sepasang baut dan mur ini untuk mengunci dudukan cover radiator bagian atas. Pasang dengan rapih dan teliti kemudian masukkan baut dan rapatkan dengan mur. Namun admin hanya berhasil memasang baut dan mur untuk bagian kiri atas saja, sedangkan saat admin mencoba memasang baut atau mur di atas kanan tidak bisa, setelah admin amati kembali ternyata saat memaksa baut masuk, terbentur dengan sebuah besi yang digunakan untuk merapikan kabel. Kalau diakali sih bisa saja dengan memaksa membengkokkan besi tersebut sedikit, tapi sayangnya admin ogah merusak hal semacam ini hehe…

Selanjutnya untuk dudukan dibagian bawah, tinggal ambil baut yang segaris dengan dudukan cover radiatornya, lepas baut yang tersedia dan paskan dudukan cover radiator dan pasang kembali bautnya hingga rapat. Setelah terpasang semua admin mengecek sudah cukup kuat kok meski baut dan mur dibagian atas sebelah kanan tidak dipasang.

Hasilnya taraaaaaaaaa…. bagus banget. Match dengan warna Cyubi CB150R Stallion Black kesayangan admin ini. (red)

Note : Oh ya, bagi yang penasaran dengan tempat beli cover radiator milik admin ini silahkan kunjungi honda cengkareng, disanalah admin mendapatkan cover radiator yang dijual satuan dengan harga terjangkau tersebut.

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan