Merawat Motor Berwarna Doff, Mudah Saja

Motomaxone.com – Doff atau Metalik. Kedua warna ini memiliki masa tersendiri terhadap peminatan konsumennya. Saat ini warna doff merupakan warna paling nge-trend untuk penjualan kendaraan baru saat ini. Warna doff memiliki kesan lebih gagah dan premium. Perawatannya pun ternyata cukup mudah.

Namun beberapa hal memang perlu diperhatikan dalam perawatan warna doff agar warna doff tetap menarik dilihat. Seperti dua motor penulis yaitu Honda CB150R versi Stallion Black (Hitam Doff) dan Scoopy versi Matte Brown.

Salah satu yang penting diingat pada kendaraan dengan dasar warna doff maka perlakuannya berbeda dengan warna metalik. Bila warna metalik membutuhkan polesan selain dicuci maka ingat !! Hal itu tidak berlaku untuk motor anda dengan warna doff.

 

Beberapa hal penting lain yang perlu diperhatikan pemilik motor dengan warna doff antara lain,

* Hindari berjemur dipanas terik matahari

Cat warna doff menurut pengalaman penulis memilikinya. Tak tahan dengan panasnya terik matahari. Jika terlalu sering dijemur maka cat warna doff mudah memudah dan terkesan kusam. Oleh karena itu hindari menjemur motor dengan warna doff dibawah terik matahari secara langsung. Pandai-pandailah mencari tempat parkir yang bersahabat dengan dengan motor anda.

* Hindari mencuci pakai sabun deterjen

Beralasan lebih irit. Namun dampaknya merugikan. Sabun dengan bahan deterjen tidak dianjurkan dipakai untuk jenis cat doff. Cat metalik saja bisa kusam, apalagi warna doff.

Entitas pudar dari warna doff ternyata dua kali lebih cepat ketimbang motor dengan cat warna metalik. Deterjen juga memiliki sifat asam yang bisa mengakibatkan mempercepat pudarnya cat. Menggunakan sabun khusus seperti shampo motor akan lebih menguntungkan.

*Pilah pilih bahan untuk memoles

Yang perlu anda pahami sebagai pemilik kendaraan dengan warna doff. Adalah bahwa Cat Doff tidak terlapisi oleh vernis layaknya warna metalik. Itu mengapa warna doff akan mudah pudar.

Selain itu kesalahan memakai bahan poles akan membuat warna doff itu berubah menjadi halus dan mengkilap, tidak lagi nge-doff. Maka jangan memilih bahan polesan dengan jenis oil based melainkan pilihlah jenis water based. Selain itu pilih sabun mencuci motormu dengan PH yang netral. Oleh karena itu pilihlah sabun cuci yang khusus diperuntukkan bagi kendaraan. (red)

Kolom Komentar