Menilik Kabar, Honda Akan Sematkan Mesin Baru Pada Vario 150 Terbaru

Motomaxone.com – Honda Vario 150 akan berbenah. Disegmen skuter matik 150cc entry level Honda Vario 150 hanya mendapatkan pesaing Yamaha Aerox 155. Keduanya kerap diperbandingkan secara performa, padahal sudah jelas-jelas kompetitor Vario 150 itu ‘lebih’ dalam hal kapasitas mesinnya.

Menilik Kabar, Honda Akan Sematkan Mesin Baru Pada Vario 150 Terbaru

Meskipun Honda Vario 150 saat ini masih memimpin penjualan dikelas skuter matik 150cc mengalahkan jauh kompetitornya namun tidak patut bagi honda untuk kepedean. Apalagi sang kompetitor sering mengunggulkan PWR (Power to Weight Ratio) dari produknya tersebut dengan tawaran khas mesin 155cc nya.

Dari segi performa, Vario 150 memang lebih kecil performanya. Namun yang penting menjadi catatan adalah Aerox 155 itu hanya unggul 1,7 tenaga kuda. Sedangkan torsinya, Aerox 155 hanya unggul 0,4 Nm dari Vario 150. Meski demikian tetap saja Vario 150 harus berbenah. Tak boleh kepedean.

Hal ini menghembuskan kabar bahwa Vario 150 versi terbaru akan hadir tahun depan. Begitu seperti yang dirilis oleh great biker, media asal thailand. Dimana gen produknya memang berbagi dengan pasar roda dua di indonesia.

Untuk tampilan fisik luarnya, informasi yang penulis dapatkan bahwa Vario 150 terbaru nanti hanya akan mendapatkan facelift atau perubahan kecil saja.

Sedangkan perubahan besar akan terlihat pada sektor dapur pacunya. Honda akan melakukan upgrade performa produknya ini dengan meningkatkan kapasitas mesin Vario 150 dari 150cc naik menjadi 157cc.

Sektor rangka atau sasis juga akan menjadi perhatian honda. Rangka terbaru eSAF berupa plat baja yang di pres itu akan disematkan pada Vario 150 versi terbaru nanti. Kelebihan rangka plat baja eSAF ini diklaim mampu memberikan ketahanan lebih kuat namun dengan bobot lebih ringan. Rangka yang sama seperti yang digunakan oleh Honda Genio dan Honda BeAT terbaru dengan lampu depan LED.

Dari pantauan penulis, perubahan yang bakal diterapkan ke Honda Vario 150 ini sepertinya juga akan berbagi pakai dengan Honda PCX terbaru nanti. Peningkatan kapasitas bahan bakar juga memungkinkan bila menggunakan rangka eSAF. Namun penulis menyangsikan hadirnya fitur traction control yang dikabarkan akan disematkan pada motor ini. Kalau fitur pengereman ABS mungkin bisa akan terelasasi.

Sebagai konsumen, tentu kita tinggal menunggu waktu saja. Konsumen tentu menang dalam hal memilih. Terlebih mana pilihan yang menguntungkan dari banyak aspek tentunya. (red)

Kolom Komentar