Mengintip Biaya Servis dan Sparepart Motor Ducati, Mau Punya Motor Besar Harus Siap Perawatannya !!

Motomaxone.com – Ada kalanya sebagai penggemar kendaraan roda dua, kita semua memiliki ekspektasi berlebih saat menginginkan motor yang disukai. Yah, memiliki motor besar memang idaman semua orang penyuka motor. Namun untuk mendapatkan motor besar seperti Ducati, tak cukup bermodal nekad membeli produknya saja. Pasti pada pengen tahu dengan biaya servis atau pemeliharaannya kan ?

Memiliki motor besar memang menjadi idaman. Ducati Panigale, Yamaha R6, Kawasaki H2 dan sebagainya. Namun setiap pemilik motor besar juga harus siap dengan biaya pengeluaran untuk perawatan berkalanya.

Seperti mengutip salah satu media online otomotif, perawatan rutin atau servis berkala untuk motor besar memang tidak bisa dibilang murah. Jadi jangan hanya berfikir meningkatkan penampilan pemiliknya saja, beberapa hal juga perlu diperhatikan untuk melakukan perawatan motor besar, salah satunya yang perlu diperhatikan adalah biayanya.

Seperti Ducati misalnya, ATPM yang menjadi distributor resmi motor asal italia di indonesia ini memiliki daftar biaya servis untuk setiap produk motor Ducati. Sebut saja Ducati Monster yang mana setiap melakukan servis akan dikenakan biaya Rp. 550.000,- sekali kunjungan servis.

Namun dari keterangan pihak ducati yang dikutip media online menyebutkan bahwa besaran biaya servis tersebut ditentukan berdasarkan waktu yang ditentukan. Maksudnya?

Biaya servis motor ducati dihitung berdasarkan jam pengerjaannya yaitu 1,5 jam dengan biaya servis sebeasr 550 ribu per jam nya. Namun tidak melulu kalau melebihi batas waktunya, ditarik biaya tambahan brosis. Jadi jika terjadi masalah pada motor ducati kita sehingga membuat waktu penyelesaiannya molor melebihi 1,5 jam maka tidak akan ada biaya tambahan alias tetap 550 ribu.

Sedangkan untuk keperluan penggantian part fast moving juga memiliki biaya yang terpisah dari biaya servisnya. Sebagai contoh Ducati Multistrada, harga busi nya saja mencapai 600-700 ribu. Jadi tinggal mengakumulasikan jumlah silindernya saja, jika menggunakan spesifikasi 4 silinder, maka harga busi tinggal dikalikan seperti kebutuhan.

Informasi tersebut masih sebatas busi brosis, jika anda berencana mengganti oli, harga per liternya dihargai sebesar 170 ribu. Sekali penggantian oli Ducati Multistrada membutuhkan hingga 3 liter oli. Kemudian part yang biasa menyertai penggantian oli adalah  filter oli. Untuk filter olinya sendiri sebesar 250 ribu. So jika ditotal, pengeluaran biaya servis dan penggantian part mencapai 3 jutaan.

So, jangan hanya siap dengan harga motornya, melainkan sudah siapkan dengan biaya tak terduga untuk kebutuhan penggunaan harian tersebut. (red)

 

BERITA TERKAIT :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...