Mengenal Fungsi Rim Lock Pada Honda CRF150L … Komponen Wajib Penghobi OFF ROAD

Motomaxone.com – Bagi penghobi motor trail, pasti kenal dengan yang namanya Rim Lock. Fitur yang merupakan komponen wajib penghobi trabas ini juga terdapat pada motor trail terbaru honda yaitu CRF150L. Pengen tahu manfaatnya ?

Honda CRF150L yang 2 minggu lalu diperkenalkan kepada penghobi motor offroad di bromo jawa timur ternyata juga sudah dibekali dengan Rim Lock. Dibekali dengan velg aluminium, rim wheel CRF150L sudah dilengkapi dengan lubang dudukan untuk Rim Lock. Apa fungsinya ?

Fungsi Rim Lock sebagai perangkat mekanis yang memiliki fungsi untuk mengunci rim (velg) dengan ban bagian dalam dan bagian luar. Kinerja Rim Lock akan lebih terasa saat kondisi ban sedang dalam kurang tekanan angin atau bahkan disebutkan kekurangan angin sama sekali.

Rim Lock atau biasa disebut dengan Stopper Ban ini berperan penting mencegah kerusakan pada pentil ban saat kondisi ban dalam sedang kekurangan angin. Jika tidak ada Rim Lock, saat ban kekurangan angin maka rim dan ban tidak lagi merekat sempurna, hal ini bisa mengakibatkan putaran rim atau velg tidak searah dengan putaran ban dalam yang beresiko ban dalam sobek / rusak karena tergilas oleh rim yang terus berputar.

Sehingga keberadaan Rim Lock ini bermanfaat untuk menekan ban dalam keluar sehingga antara Rim (Velg), ban dalam dan ban luar bisa tetap berputar selaras sehingga meskipun ban kekurangan angin sekalipun akan meminimalisir  dampak kerusakan baik pada velg maupun ban dalam dan luar.

Mengapa velg dengan fungsi Rim Lock lebih banyak ditemui di motor trail ? hal ini dikarenakan kinerja velg dan ban di medan off road lebih berat ketimbang di jalan aspal. Potensi menghantam batang kayu hingga bebatuan  cukup membahayakan jika velg tidak dibekali dengan fungsi Rim Lock. Sayangnya jika dilihat dari cara kerjanya, Rim Lock ini hanya bermanfaat untuk motor yang masih menggunakan ban dalam sedangkan untuk motor pengguna ban  tubeless tidak membutuhkan komponen ini. (red)

BERITA LAIN :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...