Mengenal Fungsi Resistor Busi NKG… Piranti Wajib Kendaraan Dengan Teknologi ECU

busi-ngk-resistor

Bentuknya kecil dimana pada bagian tertentu terdapat material porselin atau keramik, dialah BUSI. Meskipun bentuknya kecil tapi sparepart kendaraan bermotor ini begitu krusial fungsinya. Dipasaran bisa kita temui ada 2 brand besar sebagai produsen, mereka adalah NGK dan Denso.

Busi NGK memang sudah dilengkapi dengan resistor untuk keperluan kendaraan bermotor dengan teknologi ECU, biasanya sih yang sudah menggunakan ECU pasti sudah injeksi sepengetahuan OB. Kalu salah benerin yak….

Perkembangan teknologi di kendaraan bermotor ini tentu saja untuk semakin memanjakan pengguna dalam hal ini konsumen. Berbagai fitur-fitur menarik kendaraan ber-ECU dijejalkan guna lebih memberikan kemudahan. Namun siapa sangka, kendaraan yang sudah menggunakan teknologi ECU wajib menggunakan Busi dengan fitur Resistor !!

Salah satu yang menjadikan resistor pada busi menjadi penting karena kendaraan dengan teknologi ECU rentan dengan ketidakstabilan listrik. Jika arus listrik terlalu besar maka akan menciptakan gelombang elektromagnetik yang bisa merusak piranti ECU nya sendiri.

Itulah mengapa NKG membekali businya dengan fungsi resistor untuk menjaga daya listrik tetap stabil. Lalu bagaimana kita mengetahui Busi NKG ini memiliki fitur resistor ??

busi-ngk-non-resistor

Pihak NKG Indonesia memberikan petunjuk mudah untuk identifikasinya melalui kode Busi. NKG menempatkan kode R di bagian yang disebut dengan insulator untuk menandai bahwa Busi tersebut dibekali dengan Resistor.

So jangan sampai salah arti bahwa NKG dengan kode R di bagian insulatornya tersebut adalah kode RACING karena anggapan ini nyatanya super duper salah kaprah :mrgreen:

NKG Indonesia menyebutkan, Resistor yang ditanam pada busi berkode R diatas dibekali dengan resistor sebesar 5ohm yang berfungsi mengurangi daya hantar liar yang disebabkan oleh elektromagnet arus listrik yang dihasilkan dari koil sehingga dengan menggunakan busi berkode ‘R’ yang dilengkapi resistor ini akan memberikan keawetan piranti ECU pada kendaraan bermotor tersebut.

Tapi jangan bingung saat memilih busi dipasaran yang broh…. untuk mudahnya Busi tanpa resistor memiliki potensi membahayakan dan membuat mesin rusak lebih cepat jika digunakan pada kendaraan bermotor dengan ECU namun sebaliknya busi berkode R ini bisa digunakan pada kendaraan tanpa ECU seperti motor yang masih menggunakan teknologi CDI dan lainnya. (Mr.OB)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...