Menepis Anggapan Fuel Pump Motor Injeksi Bisa Rusak Karena Kehabisan Bensin !!

Motomaxone.com – Era modern teknologi otomotif roda dua saat ini sudah begitu familiar dengan nama motor injeksi. Namun dilingkungan sekitar penulis masih saja banyak anggapan bahwa motor injeksi gampang jebol pompa bensinnya jika kehabisan bahan bakar. Apakah ini fakta ?

Menepis Anggapan Fuel Pump Motor Injeksi Bisa Rusak Karena Kehabisan Bensin

Untuk membuktikannya penulis mencoba mencari literasi tentang jawaban dari polemik tersebut. Salah satu tulisan dari temen-temen blogger yang pernah pula melakukan pengecekan di lapangan terhadap bengkel-bengkel yang biasa menangani motor injesi tidak membenarkan anggapan tersebut.

Anggapan tersebut bisa penulis pastikan berasal dari orang yang awam terhadap motor injeksi, yang sudah terbiasa menggunakan motor karburator. Atau malah kurang bisa move on menerima bahwa saat ini era nya motor injeksi. So, anggapan awam yang menurut penulis kurang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Tentunya jika hanya kehabisan bensin kemudian terjadi kerusakan pada pompa bensinnya maka produk itupun tidak akan sampai ketangan konsumen. Masak iya karena masalah kehabisan saja langsung rusak ? kan aneh pernyataan tersebut.

Pabrikan tentu akan memberikan jaminan ketika motor injeksi mengalami kehabisan bahan bakar. Maka kondisi tersebut tidak akan mempengaruhi terhadap pompa bensin (Fuel Pump) nya.

Beberapa keterangan pabrikan dari yang pernah penulis ikuti kegiatan sosialisasi teknologinya menyebutkan, saat kondisi kehabisan bensin seperti itu makan tinggal diisi kembali. Putar kontak kearah ON, maka sistem penyalur bahan bakarnya akan kembali penuh dan pastinya mesin bisa langsung dinyalakan. Inilah keunggulan sistem injeksi ketimbang karburator yang tidak perlu menarik tuas chuck untuk mengurangi debit udara dalam ruang karburator.

Pemikiran awam mungkin mengira bahwa bahan bakar yang merendam fuel pump berfungsi sebagai pendingin sehingga anggapan jikalau bensin habis maka bisa terjadi panas dan jebol adalah anggapan yang keliru. Keliru total malah. Dan pastinya itu tidak benar adanya.

Btw, tak hanya motor jalanan yang sudah beralih ke injeksi. Motor garuk tanah pun sudah mulai berangsur berpindah teknologi ke era injeksi lho. Hari gini kok masih motor karbu hehe…  (red)

Kolom Komentar